nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSAU Pimpin Sertijab Pangkoopsau I

Syamsul Anwar Khoemaeni, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2016 10:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 05 337 1280903 ksau-pimpin-sertijab-pangkoopsau-i-5AXf54R3VV.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Marsekal Muda (Marsda) TNI A Dwi Putranto resmi meletakkan jabatan sebagai Panglima Komando Operasi AU (Pangkoopsau) 1. Dwi digantikan oleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Yuyu Yutisna.

"Baru terjadi serah terima jabatan ini. Sehingga inilah untuk regenerasi," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna saat memimpin upacara sertijab di Makoops AU 1, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2016).

Agus menilai, Koopsau 1 merupakan kawasan yang strategis. Terlebih wilayahnya membentang dari Sabang hingga Jawa Tengah, termasuk Pontianak, Kalimantan Barat.

"Untuk menghadapi lingkungan strategis, global. Korps satu ini strategis, dari Aceh Sabang sampai Pontianak dan Jawa Tengah," imbuhnya.

Kedepannya, pimpinan tertinggi korps udara itu mengintruksikan agar Pangkoosp bisa berkoordinasi dengan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas). Adapun peran Koopsau ialah, menyiapkan pesawat untuk melakukan penindakan jika terjadi pelanggaran udara.

"Ini perlu dijaga kordinasi oleh Pangkohanudnas. Pesawat dari korpsau satu. Kalau pesawat f16 kita datang akan ditaruh ke Pekanbaru," tukasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini