Share

Mengenal Zulu, Bangsa Perkasa dari Afrika Selatan

Rizka Diputra, Okezone · Kamis 24 Maret 2016 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 24 18 1345024 mengenal-zulu-bangsa-perkasa-dari-afrika-selatan-EYNGzENRkt.jpg Orang Suku Zulu di Afrika Selatan (foto: southafrica.net)

Benua Afrika banyak dijumpai suku-suku yang memiliki tradisi dan budaya khasnya masing-masing. Salah satu yang paling terkenal ialah Suku Zulu. Mereka hidup di kawasan Afrika Selatan, dan diperkirakan telah menempati wilayah itu sekira 10 ribu tahun silam.

Suku Zulu termasuk kelompok manusia nomaden yang kerap berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai musim yang ada. Mereka gemar mengembala ternak sambil bermigrasi ke dataran yang lebih subur.

Dikutip dari laman amazine.co, populasi orang Zulu tercatat hampir 11 juta jiwa. Mereka banyak tinggal di Provinsi KwaZulu-Natal. Suku Zulu memiliki hubungan dengan kelompok yang lebih kecil dari masyarakat penggembala Nguni yang telah berdomisili di sana selama lebih dari dua milenium lamanya.

Sebagian besar orang Zulu berpegang teguh pada kepercayaan tradisional mereka. Di antaranya, mereka beranggapan jika mereka ditimpa musibah atau malapetaka, itu merupakan intervensi dari roh-roh jahat ataupun imbas dari perbuatan buruk yang selama ini dilakukan. Suku Zulu cukup terbuka dan toleran dalam menerima ajaran agama lain, terutama Kristen.

Suku ini memiliki tokoh besar bernama Shaka Zulu. Ia kemudian muncul sebagai kekuatan utama Afrika Selatan pada tahun 1816 dengan kemunculan Kekaisaran Zulu di bawah pemimpin Shaka Zulu. Shaka berhasil menyatukan kelompok suku Zulu yang berbeda menjadi konfederasi Zulu bersatu.

Berbekal populasi 250 ribu orang dan tentara sekitar 50 ribu personel Shaka kala itu memperoleh kemenangan militer pertamanya di Gqokli Hill di awal masa pemerintahannya. Ia terus memegang kendali kekuasaan hingga dirinya terbunuh pada tahun 1828.

Setengah abada pasca-kematian Shaka, pasukan Inggris berhasil menaklukkan orang Zulu dalam pertempuran di Ulundi. Selanjutnya, Zulu mendirikan tanah air untuk mereka sendiri yang disebut KwaZulu. Bangsa Zulu kian nampak keterlibatannya pada kehidupan sosial dan politik di Afrika Selatan sejak tahun 1994 lalu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini