PM Abe Takkan Balas Kunjungan Obama ke Pearl Harbor

Randy Wirayudha, Okezone · Kamis 26 Mei 2016 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 18 1398284 pm-abe-takkan-balas-kunjungan-obama-ke-pearl-harbor-1NgzPju50C.jpg Presiden Amerika Serikat, Barack Hussein Obama (kiri) & Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe (Foto: Carlos Barria/REUTERS)

ISE-SHIMA โ€“ Jumat, 27 Mei 2016 besok atau bertepatan dengan hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi Group of Seven (KTT G7), Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama diagendakan menyambangi Kota Hiroshima.

Bagi yang belum tahu akan sejarahnya, kota industri di masa Perang Dunia II itu, sempat jadi sasaran bom atom AS pada 6 Agustus 1945 silam. Kota itu dihantam bom berbobot 4.400 kilogram berisi Uranium-235 berkode โ€œLittle Boyโ€ dengan dibawa pesawat pembom Boeing B-29 Superfortress โ€œEnola Gayโ€.

Hantaman bom itu total menewaskan sekira 166 ribu, baik warga maupun elemen militer Jepang. Seolah belum puas, AS pun menghantamkan bom atom kedua, โ€œFat Manโ€ ke sebuah kota pelabuhan, Nagasaki, tiga hari kemudian yang memakan sekitar 80 ribu korban jiwa.

Kembali ke soal kunjungan Obama, Hiroshima Memorial Park akan jadi tujuan Obama untuk secara umum, mengenang para korban PD II โ€“ bukan secara khusus untuk meminta maaf kepada korban bom atom Hiroshima.

Di sisi lain, muncul pertanyaan dari awak media ketika Obama dan PM Abe menggelar konferensi pers usai pertemuan bilateral. PM Abe ditanya apakah akan โ€œmembalasโ€ kunjungan Obama ini dengan melakukan lawatan ke Pearl Harbor di Hawaii.

Insiden Pearl Harbor pada Desember 1941, merupakan pemicu AS untuk menyatakan perang terhadap Jepang yang kemudian, jadi awal Perang Pasifik โ€“ perang lain yang masih berkaitan dalam PD II.

Kala itu serangan pesawat-pesawat tempur Jepang dengan mendadak tanpa pernyataan perang, menewaskan sekitar 2.400 orang, baik warga sipil maupun personel militer AS.

โ€œSaat ini saya tidak punya rencana spesifik untuk mengunjungi Hawaii,โ€ cetus PM Abe, seperti diwartakan USA Today, Kamis (26/5/2016).

โ€œJadi dengan kita melangkah ke depan, saya yakin bisa bekerja lebih dekat dengan AS untuk menghadapi beragam tantangan di dunia internasional dengan mendasarkan persekutuan kami, antara Jepang dan AS,โ€ tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini