Kematian Pemudik Akibat Macet di Brexit Jadi Sorotan Media Asing

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 08 Juli 2016 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 08 18 1434299 kematian-pemudik-akibat-macet-di-brexit-jadi-sorotan-media-asing-zAr6kTgHyr.jpg Kemacetan mengular di Brebes Exit. (Foto: Getty Images)

BREBES – Insiden tragis di pintu keluar tol Brebes, Jawa Timur di Indonesia, atau yang dikenal belakangan ini dengan Brexit (Brebes Exit), mendapat sorotan media asing. Salah satunya diwartakan oleh media asal Inggris Daily Mail, yang mengusung judul pelesetan dari Britain Exit tersebut untuk menarik khalayak pembacanya.

Kematian 15 pemudik di Brexit sempat heboh, karena untuk pertama kalinya ada orang yang diberitakan meninggal akibat kemacetan panjang. Sebagaimana diketahui, setiap kali lebaran, banyak warga pendatang di kota-kota besar serempak balik ke kampung halaman. Pasalnya, itu merupakan satu-satunya kesempatan karena mendapat libur panjang dari tempat bekerja atau sekolahnya.

Akibatnya, kemacetan pun sempat mengular hingga 33 kilometer jauhnya. Menyebabkan banyak dari mereka yang sebenarnya sudah mengidap penyakit bawaan atau dalam kondisi kurang sehat semakin terancam dan meninggal dunia di lokasi kejadian.

Meski begitu, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tidak percaya kalau dibilang belasan pemudik itu meninggal akibat macet. Senada dengan mantan pengurus KAI tersebut, Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Achmad Yulianto menjelaskan, “kelelahan dan dehidrasi adalah faktor utama yang dapat menyebabkan kematian, terutama di kalangan anak-anak dan orang tua.”

Selain itu, kondisi mobil yang penuh sesak dengan barang jelas mengurangi pasokan oksigen di dalamnya. “Ditambah, mereka kan berkendara di dalam mobil yang kecil dan tertutup. Dengan penggunaan AC berkepanjangan. Hal ini bisa menurunkan kadar oksigen di udara, sementara karbon dioksida meningkat,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Jumat (8/7/2016).

Kemacetan panjang di Brexit terbilang di luar perkiraan, sampai pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1 Syahwal 1437 Hijriah. Para pemudik terjebak di pintu keluar tol selama berjam-jam, dan ambulans pun sulit menembus ke lokasi apabila ada panggilan darurat.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini