Lansia Main Pokemon demi Tetap Sehat

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Selasa 26 Juli 2016 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 18 1446941 lansia-main-pokemon-demi-tetap-sehat-VzTprLCytD.jpg Seorang lansia penghuni panti jompo di Florida, AS, memainkan game Pokemon Go sebagai cara untuk tetap aktif. (Foto: WESH TV/UPI)

FLORIDA - Sebuah panti jompo dan pusat rehabilitasi di Florida menemukan metode unik untuk memastikan para warga lanjut usia (lansia) tetap aktif secara fisik dan mental. Para perawat di sana mendorong penghuni panti untuk memainkan game Pokemon Go.

Permainan berbasis teknologi augmented reality ini mengajak para pemainnya mencari makhluk digital di lokasi dunia nyata. Para staf di DeBary Nursing and Rehabilitation Center memperkenalkan para lansia dengan game ini, terutama mereka yang sedang dalam masa pemulihan dari cidera.

"Anda bisa berjalan di lingkungan sekitar sambil memainkannya. Saya senang bermain game ini," ujar salah satu lansia, Brenda Francis, yang sedang dalam pemulihan akibat patah pinggul.

Chloe Kauffman, mengaku, permainan Pokemon Go membuat pikirannya tetap aktif. "Saya berupaya tetap aktif bermain," ujar wanita 92 tahun itu, seperti dilansir UPI, Selasa (26/7/2016).

Lansia lainnya, Winnie James menyatakan, memainkan Pokemon Go membantunya memahami apa yang dibicarakan anggota keluarganya yang lebih muda.

"Kami familiar dengan game tersebut karena dibicarakan para cucu. Namun kini kami merasakan pengalamannya secara langsung," kata James.

Program ini mulai diikuti berbagai panti jompo di berbagai daerah. Panti jompo Christus St. Joseph Village di Coppell, Texas, misalnya, membuat kelas khusus bagi para lansia yang tertarik menggunakan Pokemon Go sebagai cara untuk tetap aktif secara fisik dan mental.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini