Serpihan Sayap Tunjukkan MH370 Sengaja Diterbangkan ke Laut

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 01 Agustus 2016 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 01 18 1452113 serpihan-sayap-tunjukkan-mh370-sengaja-diterbangkan-ke-laut-AEAN8Uvq4o.jpg Serpihan sayap diduga milik MH370 yang ditemukan di Tanzania (Foto: Reuters)

CANBERRA – Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada Maret 2014 diduga sengaja diterbangkan menuju laut. Analisis tersebut diungkapkan oleh seorang ahli kecelakaan penerbangan asal Australia bernama Larry Vance.

Bukti-bukti foto dari temuan serpihan sayap pesawat menguatkan dugaan itu. Menurut Vance, temuan bagian sayap tersebut menunjukkan pesawat sengaja mengarahkan pesawat ke laut.

“Seseorang menerbangkan pesawat itu hingga akhir. Seseorang mengendalikan pesawat tersebut hingga perairan. Tidak ada teori alternatif lainnya yang bisa Anda percayai,” terang Vance dalam wawancara dengan sebuah radio, seperti dimuat Independent, Senin (1/8/2016).

Ia menambahkan, kegagalan menemukan bagian pesawat yang mengapung di laut disebabkan pendaratan di laut yang sangat mulus. Pendapat Vance itu dikuatkan oleh pendapat penyidik kecelakaan dari Biro Keselamatan Transportasi Australia, Peter Foley.

“Kemungkinan besar seseorang mengendalikan pesawat itu di menit-menit akhir, dan kami sekarang berusaha mencari bukti-bukti yang menguatkan teori itu,” ujar Foley dalam wawancara yang sama.

Otoritas Australia baru-baru ini mengonfirmasi data yang ditemukan dari simulator penerbangan milik pilot pesawat tersebut. Data menunjukkan pilot sengaja melatih penerbangan menuju wilayah selatan dari Samudera Hindia, dan pesawat tersebut diduga mengalami kecelakaan.

Pesawat berjenis Boeing 777 itu hilang tanpa jejak bersama 239 penumpangnya beberapa jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur, Malaysia, dengan tujuan Beijing, China. Operasi gabungan dilakukan antara otoritas Malaysia, Australia, dan China di sekitar wilayah Samudera Hindia untuk mencari serpihan pesawat.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini