BNN: Jalur Laut Dominasi Penyelundupan Narkotika

ant, · Minggu 14 Agustus 2016 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 14 525 1463289 bnn-jalur-laut-dominasi-penyelundupan-narkotika-CAqtzVKCSm.jpg Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari dan Kasubag Humas Slamet Pribadi (foto: Antara)

CIREBON - Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Slamet Pribadi mengatakan, penyelundupan narkotika 80 persen dibawa melalui jalur laut dan sisanya 20 persen melalui jalur udara dan darat.

"Data internasional maupun nasional penyelundupan narkotika itu 80 persen dibawa melalui jalur laut," kata Slamet di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (14/8/2016).

Menurut dia, tingginya penyelundupan narkotika melalui laut, karena banyak "pelabuhan tikus" yang memudahkan para sindikat jaringan narkotika untuk mendistribusikan narkoba itu.

Slamet menerangkan, setelah narkoba dibawa melalui "pelabuhan tikus" kemudian dibawa melalui "jalur tikus" pula.

Dia mengungkapkan, angka yang sama juga terjadi di Indonesia dengan sekitar 80 persen penyelundupan narkotika di Indonesia dibawa melalui jalur laut.

Sedangkan jalur darat biasanya digunakan untuk penyelundupan narkotika antarprovinsi. Slamet juga menghawatirkan daerah Cirebon, mengingat banyak jalur laut dan sangat dimungkinkan jalur laut tersebut dimanfaatkan oleh para sindikat jaringan narkotika, untuk menyelundupkannya.

"Saya melihat di sekitar Cirebon banyak jalur laut, sangat dimungkinkan jalur laut itu dimanfaatkan oleh para sindikat jaringan pengedar narkotika," tegasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini