nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulut, Kekuatan Sekaligus Kelemahan Rodrigo Duterte

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 24 September 2016 06:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 24 18 1497531 mulut-kekuatan-sekaligus-kelemahan-rodrigo-duterte-TmQeppRDpU.jpg Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengakui mulutnya adalah kekuatan sekaligus kelemahan (Foto: Erik de Castro/Reuters)

MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte dikenal senang bicara ceplas-ceplos, bahkan tak jarang mengeluarkan kata-kata kotor. Mantan Wali Kota Davao itu meminta agar warganya tidak perlu risau mengenai kata-kata yang keluar dari mulutnya.

“Jangan mengeluh tentang mulut saya, itu adalah aset. Mulut adalah kelemahan sekaligus kekuatan saya. Mulutku bukan sebuah masalah. Mulutku tidak akan membuat negara hancur,” ujar Duterte, seperti dimuat Philstar, Sabtu (24/9/2016).

Pria berusia 71 tahun itu tidak berkecil hati terhadap kritik yang menyatakan dirinya tidak bertingkah laku seperti seorang negarawan. Duterte mengaku tidak peduli dengan pandangan orang dari negara lain karena dirinya disumpah untuk melayani warga Filipina.

“Saya hanya seorang Wali Kota dari sebuah kota kecil. Iya, mulut saya ndeso. Saya tidak pernah ikut dan tertarik dengan pelatihan menjadi seorang negarawan. Jika Anda ingin memanggil saya Pak Wali Kota, saya tetap senang karena itu pekerjaan hampir sepanjang hidup saya,” imbuh Duterte.

Presiden ke-16 Filipina itu mengaku tidak peduli jika dirinya tidak dikenal di belahan dunia lain, seperti Benua Eropa karena tidak berasal dari sana. Duterte menekankan dirinya adalah seorang Presiden Filipina yang dipilih oleh warga Negeri Lumbung Padi.

“Saya maju sebagai calon Presiden Filipina dan kemudian terpilih. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada negarawan, saya tidak tahu bagaimana cara berpakaian yang benar. Saya juga tidak tahu bagaimana membuka percakapan. Tetapi, yang saya tahu adalah saya harus melayani kepentingan warga Filipina,” tutupnya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini