nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Dukung Kebijakan Duterte Basmi Peredaran Narkoba

Ahmad Taufik , Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 17:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 14 18 1515001 china-dukung-kebijakan-duterte-basmi-peredaran-narkoba-E9toRiRtkH.jpg China dukung kebijakan Presiden Duterte perangi peredaran narkoba (Foto: ABS-CBN News)

MANILA – Perang narkoba yang dilakukan oleh Presiden Duterte di Filipina selama ini mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak. Di antaranya adalah mantan Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Namun, Pemerintah China memilih sikap berbeda. Tiongkok baru-baru mengatakan bahwa mereka mendukung usaha pemberantasan narkoba yang dilakukan Presiden Duterte.  

Selain mendukung, Pemerintah China juga bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Filipina dalam pemberantasan narkoba. Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri China.

"Kami memahami dan mendukung kebijakan Pemerintah Filipina di bawah Presiden Duterte dalam perlawanan terhadap kejahatan narkoba," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (14/10/2016).

Dukungan tersebut seiring dengan akan diadakannya pertemuan antara Presiden Duterte dan Presiden China Xi Jinping pada pekan depan. “Sebagaimana saya pahami, selama kunjungan Presiden Duterte ke China, Duterte akan mengikuti aktivitas yang terkait dengan anti-narkoba. Saat ini, kedua negara (China dan Filipina) sedang melakukan komunikasi intensif terkait hal tersebut,” tambah Geng.   

Kedua negara saat ini juga telah merencanakan bagaimana agar kerjasama dapat terwujud dan berjalan secara efektif. "Departemen antinarkotika kedua negara sudah mulai menjajaki kerjasama. Saya percaya hasil kerjasama keduanya akan segera tampak,” tambah Geng.

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini