Australia Masih Diramaikan Badai Hujan Petir Sepekan ke Depan

Silviana Dharma, Okezone · Senin 28 November 2016 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 28 18 1553335 australia-masih-diramaikan-badai-hujan-petir-sepekan-ke-depan-Y9Gflz2Ko5.jpg Ilustrasi. Badai Petir. (Foto: Getty Images)

SYDNEY – Victoria dan Melbourne adalah dua negara bagian di Australia yang sudah merasakan hujan lebat, kilat menyambar-nyambar disertai angin kencang pekan lalu. Cuaca buruk tersebut telah memicu wabah asma dan menewaskan enam orang.

Lembaga Meteorologi dan Pemantau Cuaca Australia mengungkap, badai serupa masih akan terus berlangsung hingga akhir pekan depan. Wilayah pertama yang akan dihantam badai petir ini adalah kawasan timur, dari Sydney sampai Illawarra.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (28/11/2016), selanjutnya badai petir juga akan bergerak ke kawasan Wollongong hingga Queensland. Sementara itu, angin kencang yang menyertai badai petir itu diperkirakan akan berdampak pada kawasan Katoomba hingga ke Bowral dan West Sydney.

Kawasan timur Parramatta juga sempat dikabarkan akan terkena hantaman badai petir tersebut. Namun cuaca buruk di sana terpantau mereda dan kemungkinan besar tidak akan terimbas badai yang dialami tetangga-tetanggnya.

Untuk itu, warga negara bagian New South Wales di Australia diminta untuk tetap waspada akan bahaya penyakit asma dan alergi serbuk sari rye yang dipicu oleh cuaca buruk tersebut. Serbuk sari bunga rye menyerap kelembaban yang ditimbulkan oleh hujan lebat dan angin kencang tersebut.

Akibatnya, terjadi ledakan serbuk sari yang menjadi partikel-partikel kecil. Badai kemudian menyebarkan serbuk sari tersebut. Sebanyak 8.500 orang dirawat di sejumlah rumah sakit sepanjang 21-22 November 2016.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini