Image

"Flaps, Sialan!" Kata Terakhir Pilot Pesawat Rusia yang Jatuh

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu, 28 Desember 2016 - 12:10 WIB
Kotak hitam pesawat Tu-154 yang jatuh di Laut Hitam sedang dianalisis. (Foto: Russia Today) Kotak hitam pesawat Tu-154 yang jatuh di Laut Hitam sedang dianalisis. (Foto: Russia Today)

MOSKOW – Rekaman percakapan dalam kokpit pilot pesawat militer Rusia Tu-154 yang jatuh di Laut Hitam sedang dianalisis untuk mengungkap penyebab kecelakaan yang menewaskan 92 penumpang dan awak pesawat nahas itu. Kata-kata terakhir yang diucapkan pilot sebelum pesawat jatuh kemungkinan menjadi petunjuk penting untuk menjawab teka teki tersebut.

Berdasarkan laporan yang dilansir Russia Today, Rabu (28/12/2016) dari sebuah sumber, di saat-saat terakhir sebelum pesawat jatuh, pilot terdengar berteriak, “Flaps, sialan!” yang diikuti suara dari kopilot, “Komandan, kita akan jatuh!” Dari rekaman percakapan tersebut, diduga ada masalah pada flaps, sirip yang berfungsi mengatur daya angkat pesawat, yang menjadi penyebab jatuhnya Tu-154 itu.

Namun, rekaman percakapan itu belum dikonfirmasi oleh pihak berwenang Rusia.

Sampai saat ini, Departemen Pertahanan Rusia hanya mengatakan bahwa data yang diperoleh dari catatan penerbangan bisa mempersempit dugaan penyebab jatuhnya pesawat. Sebelumnya, Menteri Transportasi Rusia Maksim Sokolov mengatakan, kotak hitam yang ditemukan yang ditemukan hanya memberikan parameter teknis pesawat tersebut dan tidak berisi rekaman suara dari kokpit.

Rekaman data penerbangan utama Tu-154 itu berhasil diangkat dari kedalaman 17 meter di bawah permukaan Laut Hitam pada Selasa, 27 Desember 2016. Isi dari kotak hitam tersebut kini sedang diterjemahkan di Pusat Penelitian Angkatan Udara di pinggiran Kota Moskow.

Beberapa teori penyebab jatuhnya pesawat telah dikemukakan, termasuk teori utama mengenai adanya benda asing yang menembus mesin pesawat. Penyebab lainnya seperti kelalaian dari pilot dan kerusakan teknis juga tengah diselidiki.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming