Share

Kapal Induknya Dikawal, Rusia Ejek Kemampuan AL Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 27 Januari 2017 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 27 18 1602246 kapal-induknya-dikawal-rusia-ejek-kemampuan-al-inggris-o2NMLEQMEI.jpg Kapal Fregat HMS Saint Albans dan jet tempur Typhoon dikerahkan untuk mengawal kapal induk Rusia (Foto: Reuters)

MOSKOW – Kapal fregat HMS Saint Albans dikerahkan Angkatan Laut (AL) Inggris untuk mengawal kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov yang berlayar melewati Selat Channel. Aksi tersebut dianggap Moskow sebagai pengalih perhatian dari kekurangan yang dimiliki AL Inggris.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menyebut Admiral Kuznetsov sebagai kapal memalukan karena menambah penderitaan warga Suriah. Ia menyatakan pasukannya mengawal dengan ketat menggunakan teknik man-marking terhadap armada Rusia tersebut demi menjaga keamanan negara.

“Tujuan dari pernyataan, dan pertunjukan pengawalan terhadap kapal kami semacam itu, adalah untuk mengalihkan perhatian para pembayar pajak Inggris dari keadaan sesungguhnya dari Angkatan Laut,” ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Jenderal Igor Konashenkov, seperti dimuat Reuters, Jumat (27/1/2017).

“Pertama, kapal-kapal Rusia tidak membutuhkan jasa pengawalan tidak masuk akal semacam itu. Mereka tahu navigasi jalur dan tujuan. Kedua, saya ingin menyarankan Tuan Fallon untuk mencurahkan lebih banyak perhatian pada AL, terutama karena, seperti yang dikabarkan pers Inggris akhir-akhir ini, ada alasan di balik itu semua,” ejek pria berusia 50 tahun itu.

Maksud pernyataan Igor Konashenkov adalah laporan media Inggris atas kegagalan uji coba rudal dari kapal selam di Florida, Amerika Serikat (AS) pada Juli 2016. Rudal yang ditembakkan kapal selam tersebut malah justru mengarah ke Negeri Paman Sam, berlawanan dengan target awal.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini