100 HARI TRUMP: Senat AS Konfirmasi Menteri Keuangan Pilihan Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 14 Februari 2017 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 14 18 1617651 senat-konfirmasi-menteri-keuangan-pilihan-trump-PMA68dtOCG.jpg Mantan direktur finansial tim kampanye Trump, Steven Mnuchin dikonfirmasi sebagai Menteri Keuangan baru AS. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Meski mendapat keberatan dari anggota Partai Demokrat, Senat Amerika Serikat (AS) pada Senin, 13 Februari waktu setempat mengonfirmasi penunjukan Steven Mnuchin sebagai Menteri Keuangan. Dengan konfirmasi senat, Mnuchin menjadi tokoh ke-10 yang mengisi jabtan menteri Kabinet Presiden Donald Trump.

Senat menilai Mnuchin memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan yang didapatnya dari pengalamannya di berbagai lembaga finansial. Pria kelahiran New York itu pernah mengepalai OneWest Bank dan duduk dalam jajaran eksekutif Goldman Sachs. Mnuchin juga berperan sebagai direktur finansial dalam tim kampanye Trump.

β€œDia memilki pengalaman mengatur perusahaan swasta yang besar dan rumit dan dalam menegosiasikan kompromi yang sulit dan mengambil keputusan yang berat dan bertanggung jawab atas keputusan-keputusan itu,” kata Kepala Komite Finansial Senat, Senator Orrin Hatch sebagaimana dilansir Guardian, Selasa (14/2/2017).

Sebagai Menteri Keuangan, Mnuchin diharapkan dapat memainkan peran dalam upaya Partai republik untuk memeriksa kode pajak negara untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir. Presiden Trump telah berjanji untuk mengajukan proposal mengenai rencana ini dalam beberapa pekan mendatang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini