Image

VIDEO: Nyasar, Pilot Helikopter Mendarat di Jalanan untuk Tanya Arah

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 05:31 WIB
Foto: YouTube/Zello Kaz Foto: YouTube/Zello Kaz

ASTANA – Insiden unik terjadi di salah satu jalan raya di Kazakhstan saat sebuah helikopter tempur Mi-8 tiba-tiba mendarat dan menghalangi jalan konvoi truk yang akan lewat. Di tengah kebingungan para sopir truk, pilot helikopter itu keluar dan menanyakan arah ke kota terdekat.

Pada permulaan video tersebut, terlihat helikopter militer buatan Soviet tidak bergerak di tengah jalan raya dengan mesin hidup dan baling-baling yang masih berputar. Keheranan para sopir truk yang jalannya terhalang helikopter itu jelas terdengar dalam rekaman.

“Apa yang dia lakukan? Dia hanya diam di sana di tengah jalan,” terdengar suara keheranan dalam rekaman tersebut. Setelah sekira semenit seorang yang diduga sebagai pilot helikopter itu keluar dari tunggangannya dan berlari menuju truk paling depan.

Dia tampak berjabat tangan dengan sopir truk dan menunjuk-nunjuk arah sambil bertanya. Setelah puas, pilot itu mengacungkan tangannya dengan gembira dan berlari kembali ke helikopternya.

“Mereka tersasar. Dia datang untuk bertanya ke arah mana menuju Aktobe,” kata suara yang terdengar dari radio konvoi sebagaimana dilansir Russia Today, Jumat (17/2/2017). Upaya sopir truk pertama untuk menahan tawanya terdengar jelas melalui radio.

“Bagaimana bisa kamu tersasar di stepa? Bagaimana bisa kamu tersasar di stepa?" Kata suara lain menimpali dengan geli. Sementara helikopter itu mulai naik ke udara dan melanjutkan penerbangannya.

Video yang merekam kejadian tersebut beredar di media sosial dan menyebabkan Kementerian Pertahanan Kazakhstan kebanjiran pertanyaan mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Dalam pernyataannya, kementerian mengatakan bahwa kejadian itu adalah sebuah latihan orientasi di mana seorang pilot pemula diperintahkan untuk mengetahui lokasi mereka termasuk dengan bertanya kepada orang-orang.

Kementerian menyatakan latihan tersebut berakhir dengan sukses dan helikopter itu telah kembali ke pangkalannya.

(dka)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming