Image

Misteri Kematian Kakak Tiri Kim Jong-un dan Keterlibatan WNI dalam Pembunuhannya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at, 17 Februari 2017 - 06:34 WIB
Kim Jong-nam tewas diracun di bandara Kuala Lumpur pekan ini. (Foto: Reuters) Kim Jong-nam tewas diracun di bandara Kuala Lumpur pekan ini. (Foto: Reuters)

KEMATIAN Kim Jong-nam kakak tiri dari Diktator Korea Utara, Kim Jong-un di Malaysia pekan ini cukup mengejutkan dunia internasional. Pasalnya, pria berusia 46 tahun itu diduga tewas dibunuh dengan racun mematikan.

Jong-nam meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit setelah diracun di bandara Kuala Lumpur pada Selasa, 14 Februari 2017. Pejabat kepolisian Selangor mengatakan, Jong-nam dibunuh ketika akan naik pesawat menuju Macau sekira pukul 9 pagi waktu Malaysia.

“Dia mengatakan kepada resepsionis di ruang pemberangkatan ada seseorang yang memegangnya dari belakang dan memercikkan cairan ke wajahnya. Dia meminta bantuan dari resepsionis dan langsung dibawa ke klinik bandara,” Fadzil Ahmat dari Kepolisian Selangor. Di klinik, Jong-nam mengalami kejang ringan dan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Otoritas Malaysia menyebut kemungkinan ada dua jenis racun yang digunakan, yakni risin dan tetrodotoksin (TTX). Risin adalah protein beracun yang terkandung dalam biji pohon jarak atau biji kasturi. Sementara TTX adalah racun mematikan yang digunakan oleh ikan buntal. Risin cukup lambat dalam membunuh seseorang sedangkan TTX melumpuhkan dan membunuh korban dengan cukup cepat.

Rekaman kamera pengawas menunjukkan Jong-nam didekati oleh dua orang perempuan yang menjadi tersangka utama kasus pembunuhan tersebut. Media mulai berspekulasi bahwa mereka adalah agen mata-mata Korut yang ditugaskan untuk menghabisi nyawa Jong-nam.

1 / 2
  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming