nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hina Presiden Pakai Baju Adat Maluku, Pemilik Akun Indrisantika Dipolisikan

Dara Purnama, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 01:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 28 340 1629801 hina-presiden-pakai-baju-adat-maluku-pemilik-akun-indrisantika-dipolisikan-sUmzrGibo7.jpg Presiden Jokowi Mengenakan Pakaian Kebesaran Adat Maluku (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemilik akun Facebook Indrisantika Kurniasari dilaporkan ke Bareskrim Polri, Gambir Jakarta Pusat, Senin (27/2/2017). Laporan ini dilatarbelakangi dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah berpakaian kebesaran adat maluku oleh sang pemilik akun.

Dua kelompok masyarakat melaporkan di hari yang sama. Mereka adalah Forum Masyarakat Maluku yang kedua adalah puluhan orang yang berasal dari Maluku.

"Orang ini (pemilik akun) mengatakan kalau ini (menunjuk foto Presiden Jokowi) adalah raja kodok padahal itu adalah pakaian kebesaran raja-raja Maluku," kata Ketua Forum Masyarakat Maluku Arnold Thenu di Kantor Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Arnold menjelaskan bahwa pernyataan Indrisantika di akun Facebooknya tidak hanya melecehkan Presiden Jokowi melainkan juga menghina pakaian adat maluku. Apalagi baju yang digunakan presiden merupakan pakaian kebesaran yang digunakan pada waktu tertentu oleh raja-raha Maluku.

Sementara, puluhan masyarakat Maluku lainnya mengaku melapirkan akun pemikik akun Facebook Indrisantika lantaran ingin memberikan efek jera kepada pelaku.

"Kita melakukan ini agar pelaku mendapatkan hukuman dan membuatnya jera dan membuat jera juga bagi yang lain karena perbuatan yang tidak terpuji," kata perwakilan masyarakat Maluku Stevin Melay.

Sebelum dipolisikan, juga muncul petisi tangkap Indrisantika di laman Change.org yang sudah ditandatangani puluhan ribu orang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini