Image

Asyik.. Ditutup 3 Bulan, Gunung Bukit Kaba Sudah Bisa Didaki

Demon Fajri, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 21:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 18 340 1646293 asyik-ditutup-3-bulan-gunung-bukit-kaba-sudah-bisa-didaki-VOC6grGn4O.jpg Ilustrasi (Foto: Dok.Okezone)

BENGKULU - Jalur pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Bukit Kaba, di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, sempat ditutup selama tiga bulan terakhir. Saat ini jalur pendakian gunung berapi aktif tersebut, kembali dibuka untuk umum sejak Rabu 15 Maret 2017.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Abu Bakar mengatakan, penutupan sementara jalur pendakian tersebut lantaran adanya pemulihan ekosistem dan pembersihan sampah di sepanjang jalan rimba menuju puncak hingga puncak gunung yang memiliki ketinggian 1.928 Mdpl.

''Jalur pendakian sudah dibuka untuk umum. Selama pemulihan, sampah-sampah yang berserakan diatas kita bersihkan secara bersama,'' kata Abu, kepada Okezone, Sabtu (18/3/2017).

Abu menyebut, sejak dibuka pendaki dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan. Baik pendaki lokal maupun luar daerah, seperti, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, serta daerah lainnya.

Abu menghitung, tidak kurang dari 400 pendaki sudah mendatangi dan mendaki gunung Bukit Kaba. Kedatangan mereka, untuk hekking maupun mendirikan tenda di sekitar kawasan puncak Bukit Kaba.

''Dus hari dibuka, pendaki sudah mulai mencapai ratusan orang,'' jelas Abu.

Sebagaimana diketahui, penutupan jalur pendakian yang sempat ditutup tersebut, tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, bernomor Nomor: PG.01/K.10/SKW.1/01/2017, tertanggal 5 Januari 2017.

Penutupan jalur pendakian selama tiga bulan dikarenakan di kawasan tersebut dilakukan pemulihan ekosistem. Sebab, selama ini jalur pendakian TWA Bukit Kaba tersebut belum ada istirahat dari kunjungan pendaki dari berbagai daerah di Bengkulu serta provinsi tetangga. (sym)

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini