Pemprov Jabar Anggarkan Rp300 M untuk Memperbaiki Kerusakan Sungai

Dwi Ayu Artantiani , Okezone · Rabu 22 Maret 2017 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 525 1649310 pemprov-jabar-anggarkan-rp300-m-untuk-memperbaiki-kerusakan-sungai-JE5PUb18V2.jpg Ilustrasi

CIREBON - Kondisi sejumlah sungai di Jawa Barat cukup memperihatinkan. Imbasnya, setiap kali datang musim hujan, sejumlah daerah di provinsi ini terendam banjir akibat luapan sungai. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat tengah menganggarkan Rp300 miliar untuk pembenahan sungai.

"Kami sudah melakukan upaya bekerjasama dengan KLH dan menganggar Rp300 miliar untuk pembenahan hulu Sungai Cimanuk dan Citarum," kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat menghadiri Hut Satpol PP di Cirebon, Rabu (22/3/2017).

Dari sekian banyak sungai di Jawa Barat, yang paling tercemar adalah Sungai Citarum.

Deddy Mizwar mengaku, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana membentuk ecovillage di daerah aliran Sungai Citarum, Cimanuk, Citanduy dan Ciliwung. Sosialisasi sudah dilakukan di Bogor, Ciamis dan Purwakarta. Targetnya agar sungai tidak rusak karena sampah, kotoran hewan, kotoran manusia, limbah. Masyarakat juga diedukasi agar tidak menebang pohon di hulu-hulu sungai.

"Kalau bencana terus yang diurusin kapan membangunnya, kapan manusia bisa terdidik, kesehatan masyarakat semuanya akan lumpuh jadi yang kami hadapi bukan hanya persoalan kemiskinan dan pengangguran melainkan juga lingkungan hidup karena itulah air menjadi sangat penting," terangnya.

Deddy menjelaskan, Jawa Barat memiliki air yang melimpah. Namun bila kualitas air tidak dijaga, bisa-bisa harganya akan lebih mahal dari BBM. Sementara bila sungai tidak dijaga, imbasnya bisa menyebabkan banjir dan tentunya merugikan banyak pihak.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini