Image

Bertatap Muka, Presiden Donald Trump dan Xi Jinping Saling Lempar Senyum

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Jum'at, 7 April 2017 - 07:20 WIB
Presiden AS, Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping. (Foto: AP) Presiden AS, Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping. (Foto: AP)

FLORIDA - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akhirnya berjumpa secara langsung dengan Presiden China, Xi Jinping. Presiden Trump diketahui menyambut langsung kehadiran Presiden Xi di resor Mar a Lago di Palm Beach, Florida.

Sebagaiaman diwartakan ITV, Jumat (7/4/2016), Presiden Trump menyambut pimpinan Negeri Tirai Bambu tersebut dengan senyumam hangat. Ia bahkan tanpa canggung langsung menyalami Xi Jinping.

Setelah itu, keduanya berfoto bersama didampingi para ibu negara yakni Melania Trump dan Peng Liyuan. Tak ada ekspresi tegang dari wajah kedua pemimpin negara tersebut meskipun mereka diperkirakan akan menjalani perundingan yang berat mengingat hubungan kedua negara yang sempat tegang beberapa waktu lalu.

The presidents posed alongside first lady Melania Trump and Chinese first lady Peng Liyuan.

(Foto: AP)

Sebagaimana diberitakan, isu perdagangan dan Korea Utara (Korut) diperkirakan akan menjadi isu utama pembahasan. Korut yang saat ini gencar mengembangkan sistem rudal antarbenua dianggap menjadi salah satu permasalahan yang mendesak untuk dibahas.

Kedua pemimpin negara tersebut diagendakan akan menghabiskan waktu bersama secara privat. Pihak Gedung Putih sebelumnya diketahui menyatakan, bahwa Presiden Trump akan menggunakan isu perdagangan untuk mencoba memaksa China agar menggunakan pengaruhnya atas Pyongyang.

The leaders smiled ahead of what is expected to be combative summit talks.

(Foto: AP)

Setelah berdiskusi secara privat, Presiden Trump dan Xi Jinping akan makan malam bersama istri mereka dan para pejabat lainnya. Sebelumnya, di bandara, kehadiran Presiden China di AS disambut oleh Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson. (rav)

(rfa)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming