Share

Jadi Presiden Korsel Terpilih, Moon Jae-in Siap Dilantik

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 10 Mei 2017 00:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 18 1687482 jadi-presiden-korsel-terpilih-moon-jae-in-siap-dilantik-fyzoYf0QwV.jpg Presiden Terpilih Korsel dari Partai Demokrat Liberal. (Foto: Yonhap)

SEOUL - Presiden terpilih Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in siap dilantik pada Rabu 10 Mei 2017. Moon memenangkan pemilu setelah hasil exit poll menunjukkan keunggulannya. Berdasarkan hasil tersebut capres dari Partai Demokrat Liberal langsung berpidato di hadapan publik.

Setelah dilantik, Moon akan mengawali tugasnya sebagai Presiden Korsel dengan menunjuk staf senior dan sekertaris negara untuk menemaninya bertugas di Gedung Biru. Pria berusia 64 tahun itu kini tengah menunggu konfirmasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum Korsel atau National Election Commission (NEC) atas kemenangannya demikian dinukil dari Yonhap, Rabu (10/5/2017).

Moon sebelumnya juga telah mengikuti pilpres pada 2012 namun kalah dengan pesaingnya, Mantan Presiden Park Geun-hye yang telah dimakzulkan akibat skandal korupsi. Kini, Moon yang telah mendapatkan kemenangannya berjanji pada warga Korsel akan menjadi presiden yang membanggakan dan membuat Korsel menjadi negara yang hebat.

Selain itu, sebagai presiden, pria lulusan Universitas Kyunghee tersebut berjanji akan memberikan tunjangan yang layak bagi warganya mulai dari usia dini hingga mereka yang berusia senja. Dan menciptakan sebanyak 810 ribu lapangan pekerjaan di sektor publik dan 500 ribu di sektor swasta selama lima tahun kepemimpinannya.

Sebagaimana diketahui, Moon Jae-in unggul dalam perolehan suara dengan angka 41,4%. Perolehan suara Moon diikuti oleh capres Hong Joon-pyo dari kalangan konservatif dengan 26,5% yang membuatnya berada di posisi kedua. (rav)

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini