Share

Hanya 4 Kalimat, Begini Cara Media Korut Laporkan Hasil Pilpres Korsel

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 12 Mei 2017 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 12 18 1689527 hanya-4-kalimat-begini-cara-media-korut-laporkan-hasil-pilpres-korsel-kGLLLxveOb.jpg Seorang aktivis memegang spanduk menentang kebijakan Presiden Korsel, Moon Jae-in terkait Korut. (Foto: Reuters)

SEOUL – Media Korea Utara (Korut) melaporkan hasil pemilihan presiden  (pilpres) negara tetangganya Korea Selatan (Korsel) yang telah usai dua hari lalu. Tetapi, ada yang berbeda dalam laporan yang ditulis oleh media Pyongyang.

Kantor berita resmi Korut, KCNA menulis laporan hanya sepanjang empat kalimat pada Kamis malam, 11 Mei, mengenai kemenangan Moon Jae-in dalam pilpres Korsel. Presiden baru Korsel itu menyatakan akan mengedepankan dialog bersama sanksi dan tekanan untuk menghentikan program nuklir Korut.

“Mun Jae-in... terpilih menjadi ‘presiden’ ke-19 dengan peringkat perolehan suara 41 persen,” demikian laporan KCNA yang diterjemahkan dengan sistem terjemahan McCune-Reischauer yang menjadi standar di Korut.

Berita itu sangat berbeda dengan laporan mengenai hasil pilpres presiden terdahulu, Park Geun-hye pada 2012. Kala itu, KCNA hanya menulis pengumuman sepanjang satu kalimat. Mereka bahkan tidak menyebut nama Park dalam laporan tersebut.

Secara lengkap, laporan mengenai Park berbunyi: “Seorang kandidat dari Partai Saenuri terpilih sebagai presiden di Selatan dengan margin yang tipis,” demikian dilansir dari Straits Times, Jumat (12/5/2017).

Moon Jae-in adalah bagian dari pemerintahan liberal Korsel terakhir yang masih mengejar kebijakan “Sunshine Policy” untuk melakukan rekonsiliasi dengan Korut. Kebijakan ini merupakan perubahan yang cukup drastis dari kebijakan pendahulunya, Park Geun-hye yang melakukan pendekatan garis keras.

Setelah dilantik pada 10 Mei lalu, Moon mengatakan siap bertemu langsung dengan Kim Jong-un untuk membahas solusi damai ketegangan antara kedua negara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini