Share

Wah! Ucapkan Selamat dengan Bahasa Korea, PM India Buat Presiden Baru Korsel Terkesan

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Jum'at 12 Mei 2017 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 12 18 1689043 wah-ucapkan-selamat-dengan-bahasa-korea-pm-india-buat-presiden-baru-korsel-terkesan-Z107H77THb.jpg Presiden terpilih Korsel dari Partai Demokrat Liberal, Moon Jae-in. (Foto: Yonhap)

SEOUL - Ucapan selamat kepada Presiden baru Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in dari para petinggi negara terus mengalir. Salah satunya adalah dari Perdana Menteri (PM), India Narendra Modi. Sedikit berbeda dengan ucapan selamat dari pemimpin negara lainnya, PM Modi berhasil membuat Presiden Moon terkesan.

Pasalnya sebagaimana diwartakan Yonhap, Jumat (12/5/2017), PM Modi memberikan ucapan selamat dengan menggunakan bahasa dan huruf Korea. PM Modi menyampaikan ucapannya tersebut melalui akun Twitter resminya. Tak hanya itu, ia juga berbicara dengan Presiden baru Negeri Ginseng melalui sambungan telefon.

"Presiden Moon melakukan pembicaraan melalui telefon pertamanya dengan PM India, Narendra Modi. Dalam percakapan mereka, Presiden Moon mengatakan, bahwa ia telah melihat ucapan selamat dari Modi yang di-posting malam sebelumnya di Twitter dalam bahasa Korea. Presiden Moon mengaku ia sangat bahagia dan berterimakasih dengan ucapan tersebut," ujar Sekretaris Presiden Urusan Khusus Hubungan Masyarakat, Yoon Young-chan.

Ucapan selamat PM India di Twitter. (Foto: Yonhap)

Ia menambahkan, Moon dan Modi terlibat dalam pembicaraan sepanjang 25 menit. Sementara itu, PM Modi menyatakan, bahwa Korsel selama ini merupakan "role model" bagi India dalam mengembangkan perekonomian negara. PM Modi juga melontarkan pujian terhadap kepemimpinan Moon yang tegas.

Tak hanya itu, PM Modi mengaskan bahwa India siap membantu Korsel dalam menyelesaikan permasalahan internasional termasuk ancaman Korea Utara (Korut).

"PM Modi mengatakan akan mengevaluasi partisipasi India dalam sanksi internasional terhadap Korut dan menentang pengembangan nuklir," imbuh Yoon.

Mengakhiri sambungan telefon tersebut Presiden Moon menyampaikan harapannya untuk bisa bertemu dengan PM Modi di masa depan. Merespons pernyataan itu, PM Modi kemudian mengundang Moon untuk berkunjung ke India untuk menjalin komunikasi bilateral menjelang pertemuan G20 yang akan digelar pada Juli mendatang.

PM Modi merupakan pimpinan negara ke-4 yang mengucapkan selamat atas kemenangan Moon setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trup, Presiden China; Xi Jinping dan PM Jepang; Shinzo Abe. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini