Pasar Modern Oesao Segera Dibangun di Kupang, Berapa Anggarannya?

ant, · Kamis 11 Mei 2017 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 11 340 1688647 pasar-modern-oesao-segera-dibangun-di-kupang-berapa-anggarannya-HIUFyqJYDN.jpg Ilustrasi.

KUPANG - Pembangunan pasar modern Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang menelan dana Rp7 miliar direalisasikan Tahun 2017.

"Proses tender pembangunan pasar modern Oesao sedang dilakukan pemerintah Kabupaten Kupang, jika tendernya sudah selesai maka diikuti dengan pembangunan fisik pasar. Saya targetkan tahun ini pasar Oesao itu harus dibangun karena alokasi anggarannya sudah ada," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Kupang, Titus Anin dihubungi di Kupang, Kamis (11/5/2017).

Pemerintah Kabupaten Kupang menurut Anin mendapat alokasi anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp7 miliar untuk mendukung pembangunan pasar modern Oesao yang terdiri dari dua lantai itu.

Ia mengatakan, pemerintah sedang mencari lahan di sekitar kawasan Kelurahan Oesao untuk menjadi pasar sementara bagi para pedagang selama berlangsungnya pembangunan gedung pasar terbesar di Kabupaten Kupang ini .

"Kami sedang mencari lahan di Kelurahan Oesao untuk menjadi pasar sementara bagi pedagang, karena proses pembangunan pasar ini butuh waktu lama dan aktivitas perdagangan harus tetap berlangsung. Para pedagang yang ada saat ini akan direlokasi sementara waktu sambil menunggu perampungan kegiatan pembangunan gedung basar yang baru itu," ujarnya.

Ia menambahkan, aktivitas perdagangan di lokasi pasar lama harus ditiadakan agar pembangunan gedung pasar ini berlangsung cepat dan aman.

Anin menjelaskan, dalam bangunan pasar modern Oesao yang terdiri dari dua lantai itu akan dibangun 30 kios dan 90 lapak bagi pedagang.

"Pasar Oesao ini nantinya menjadi pasar yang megah dimiliki pemerintah Kabupaten Kupang, sehingga perlu dukungan pedagang dan masyarakat untuk selalu menjaga gedung pasar ini apabila sudah selesai dibangun sehingga konsumen nyaman selama berbelanja di pasar ini," kata Anin.

Ia mengatakan, pembangunan pasar Oesao, semula dilakukan Tahun 2016 namun karena ada kebijakan efisiensi anggaran dilakukan pemerintah pusat sehingga ditunda tahun 2017.

Anin sangat yakin, pertumbuhan ekonomi di daerah ini tumbuh karena telah didukung sarana dan prasarana pasar yang memadai.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini