Image

Trump Geram, Mahasiswa AS yang Dibebaskan Korut Meninggal Dunia

Emirald Julio, Jurnalis · Selasa 20 Juni 2017, 10:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 20 18 1720458 trump-geram-usai-mahasiswa-as-yang-dibebaskan-korut-meninggal-dunia-tcgQLd1ATx.jpg Presiden AS, Donald Trump geram karena mendengar kabar meninggalnya Otto Warmbier (Foto: Independent)

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump geram setelah mendengar kabar bahwa mahasiswa Negeri Paman Sam, Otto Warmbier yang sempat ditahan di Korea Utara (Korut) selama lebih dari setahun, meninggal dunia.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Warmbier dibebaskan oleh Korut pada pekan lalu dengan Pyongyang mengklaim hal itu dilatarbelakangi kemanusiaan. Namun mahasiswa AS itu pulang dalam keadaan koma.

Sebagaimana dikutip dari Independent, Selasa (20/6/2017) Trump memberikan belasungkawanya kepada keluarga Warmbier setelah mendengar kabar duka tersebut.

“Melania dan saya mengucaplkan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga atas meninggalnya Otto Warmbier. Tidak ada yang lebih tragis bagi orangtua daripada kehilangan anak di bagian kehidupan terbaiknya. Pikiran dan doa kami bersama dengan keluarga dan teman Otto serta semua orang yang mencintainya,” ujar sang Presiden AS melalui pernyataan resminya.

Trump juga mengatakan bahwa meninggalnya Otto Warmbier menjadi pengingat bahwa pemerintahannya harus memastikan tragedi seperti ini tidak akan terjadi lagi. “AS sekali lagi mengutuk kebrutalan rezim Korut saat kami meratapi korban terakhirnya,” tambah sang Presiden AS itu.

Warmbier mendekam di penjara Korut semenjak 2016 dan ia dijatuhi hukuman kerja paksa selama 15 tahun karena dituduh mencuri poster propaganda. Namun ketika dikembalikan ke Negeri Paman Sam, ia berada dalam keadaan koma dengan Korut yang mengklaim hal itu diakibatkan oleh konsumsi obat tidur dan botulisme.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini