nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panjat Pohon Jengkol, Heryanto Tewas Tersengat Listrik

Didin Jalaludin, Jurnalis · Rabu 05 Juli 2017 18:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 05 525 1729443 panjat-pohon-jengkol-heryanto-tewas-tersengat-listrik-NDEkKRQljK.jpg Pohon Jengkol Ini Dialiri Listrik Lantaran Salah Satu Batangnya Menempel Kabel Listrik Bertegangan Tinggi (Foto: Didin/Koran Sindo)

BANDUNG BARAT - Seorang pemuda tewas tersengat aliran listrik bertegangan tinggi saat memanjat pohon jengkol milik tetangganya di Kampung Cirata, Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (5/7/2017).

Kejadian nahas yang menimpa korban yang belakangan diketahui bernama Heryanto (18) ini, pun mengggegerkan warga desa yang ada di perbatasan dengan Kabupaten Purwakarta ini. Korban yang akrab dipanggil si Penyok oleh teman-temannya tersebut langsung tewas dengan kondisi mengenaskan, sebagian tubuhnya hangus seperti terbakar.

Menurut Ahmad (49) salah seorang warga setempat yang juga saksi kejadian, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Korban tersengat listrik diduga dari batang pohon jengkol lantaran salah satu tangkainya menempel ke kabel listrik bertegangan tinggi yang melintang tanpa pengaman di sekitar pohon itu.

"Jadi batang pohonya yang ada aliran lisrik, karena kondisinya basah. Itu terbukti dari luka bakar yang dialami korban. Kaki dan tangan korban mengalami luka bakar, dan ada bekas kulit korban menempel di batang pohon itu. Jadi bukan tidak hati-hati menyentuh kabel. Tapi, batang pohon itu yang mengandung aliran listrik," ujarnya.

Menurut dia, korban memanjat atas kenginan sendiri dengan maksud ingin memetik jengkol yang memang sudah berbuah. Saat kejadian, Ahmad yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian tiba-tiba saja mendengar suara gaduh. Setelah dilihat ternyata ada seorang pemuda yang tersengat aliran listrik tergantung di atas pohon jengkol.

"Saya mencoba mau menolongnya, tapi korban tampaknya sudah tidak kuat. Dari atas pohon korban langsung jatuh ke tanah, setelah saya periksa ternyata sudah meninggal dunia,"ujar dia.

Warga menyayangkan kejadian nahas ini harus terjadi. Karena seharusnya bisa dicegah. Apalagi keberadaan kabel listrik yang sudah terkepung dengan pohon jengkol itu setiap hujan turun selalu memercikan api. "Seharusnya kabel listrik itu tidak dibiarkan kena pohon. Biasanya ada program pemeliharaan dari pihak terkait, kok bisa ya ini tidak dicegah,"timpal warga lainnya.

Saat dihubungi, Kapolsek Cipeundeuy AKP Suryanto membenarkan kejadiantersebut. Pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti peristiwa nahas yang menimpa pemuda warga Kampung Cirata, Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy ini. "Kasusnya masih lidik, tadi korban sudah disemayamkan," singkat dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini