nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Samosir dan Jepang, Kini Selandia Baru Diguncang Gempa 6,8 Skala Richter

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 15:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 18 1733693 setelah-samosir-dan-jepang-kini-selandia-baru-juga-diguncang-gempa-6-8-skala-richter-CZWFbGKXBX.jpg Titik pusat gempa di Selandia Baru. (Foto: USGS)

WELLINGTON - Gempa bumi dengan kekuatan 6,8 skala Richter (SR) dilaporkan mengguncang Selandia Baru bagian selatan. Sejauh ini belum ada laporan langsung terkait adanya korban jiwa dan kerusakan fasilitas umum akibat gempa tersebut.

Independent mewartakan, Selasa (11/7/2017), pusat gempa diketahui berada sekira 196 kilometer (km) barat laut pulau Auckland, pada kedalaman sekira 10 kilometer (km). Badan Geologi Selandia Baru GeoNet, melaporkan bahwa gempa tersebut dirasakan oleh sekira 2.000 orang.

Selain itu GeoNet juga menyebut, gempa tidak berpotensi tsunami. Selain Selandia Baru, sebelumnya Indonesia juga diguncang gempa di sekitar wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Medan Syahnan mengatakan gempa yang cukup kuat itu tersebut berkekuatan 5,2 SR dan terjadi pada pukul 08.24 WIB.

Sementara itu, Negeri Sakura juga diguncang gempa pada hari ini. Gempa di Jepang juga berkekuatan 5,2 SR dan mengguncang Pulau Kyushu sekira pukul 12.29 waktu setempat. Pusat gempa terdeteksi di Kota Kagoshima. Guncangan gempa diketahui sempat membuat panik warga, namun otoritas setempat memastikan gempa bumi tersebut tidak sampai menyebabkan tsunami.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini