nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! Begini Karakter Anjing Pitbull yang Gigit Bocah Malang hingga Tewas

Hari Istiawan, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 17:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 07 519 1751326 awas-begini-karakter-anjing-pitbull-yang-gigit-bocah-malang-hingga-tewas-dndXtaqP0b.jpg Anjing pitbull yang gigit bocah hingga tewas di Malang (Istimewa)

MALANG - Bocah berinisial RB (8) meninggal dunia setelah digigit anjing jenis pitbull peliharaan orangtuanya di Malang, Jawa Timur. Peristiwa tragis itu patut menjadi pelajaran bagi semua orang terutama pemelihara anjing. Sebab, anjing jenis pitbull dikenal sebagai anjing penjaga dan ganas.

Seorang penyuka anjing di Kota Malang, Dendy Kuspriya Prayogo mengungkapkan kalau, anjing jenis pitbull bukan anjing yang bisa diajak bermain karena tipe anjing penjaga.

"Fungsinya menjaga rumah dan kadang tidak patuh ke majikan kalau merasa terancam atau terusik," kata pria pemelihara berbagai jenis anjing seperti Pomerian, Siberian husky, dan anjing hasil campuran perkawinan silang antara anjing kampung dan herder ini, Senin (7/8/2017).

Menurutnya, anjing pitbull kalau menyerang ciri khasnya akan menyasar bagian leher dan terus menggigit sampai korbannya diam dan tidak bergerak. "Baru dilepaskan setelah korban diam," kata Dendy.

Karena itu, kata dia, anjing jenis itu sering terlihat rantai di lehernya dengan berduri lancip. Kalung berduri dililit di leher anjing pitbull itu bukan sebagai hiasan supaya tanpak garang, tapi itu punya kegunaan lain. misalnya, saat dia hendak menyerang orang, maka pemilik bisa menarik hentakan supaya lehernya tertancap besi tadi.

"Memang kasihan, tapi itu akan memberikan pelajaran ke pitbull untuk mendengarkan instruksi majikan," ujarnya.

Namun, loyalitas anjing pitbull patut diacungi jempol. Jika pitbull melihat sang majikan diserang, anjing itu akan menyerang untuk membela majikannya. Ia akan berjuang hingga mati. "Majikan juga bisa digigit anjing pitbull kalau sedang gemas," ujar Dendy.

Kekuatan anjing jenis ini juga sangat besar. Bahkan bisa menarik mobil. "Pitbull diikat di depanobil terus kasih karet ban di depannya sambil dipukul-pukul, bakal berusaha gigit karet ban sampai mobil ketarik," kata Dendy.

Terkait pitbull yang menyerang bocah umur 8 tahun kemarin, Dendy mengomentari kalau anjing tersebut diperkirakan sudah remaja dan sangat agresif di usia remaja. "Pitbullnya besar, umur empat tahun itu usia remajanya anjing, sangat agresif di umur segitu," katanya.

Sebelumnya, bocah bernama RB (8), warga Jalan Candi Penataran, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, digigit anjing pitbull peliharaan orangtuanya. Korban merupakan putri dari pasangan Wisnu dan Aniswatin.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Bindriyo menerangkan, peristiwa berawal saat bocah tersebut bermain dengan mainannya. Lalu mainan itu jatuh di dekat kandang anjing pitbul yang dipelihara oleh orangtuanya.

Diduga karena mengambil mainan tersebut, anjing jenis pitbull ini kemungkinan terkejut sehingga menyerang korban. Korban tidak tertolong nyawanya dan meninggal di lokasi. Petugas kepolisian hingga kini masih menyelidiki kasus ini dan memeriksa sejumlah saksi-saksi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini