nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Brigitte Macron, Calon Ibu Negara Prancis

Silviana Dharma, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 10:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 18 1751670 mengenal-brigitte-macron-calon-ibu-negara-prancis-TbZIZGzeff.jpg Brigitte Macron. (Foto: Getty Images)

PARIS – Prancis sudah lama tidak memberikan posisi penting kepada istri dari presiden mereka. Tidak heran jika usulan Presiden Emmanuel Macron untuk menetapkan istrinya, Brigitte Macron, sebagai Ibu Negara pertama bagi Prancis, menuai pro dan kontra.

Bisa dilihat di situs petisi daring Change.org, sudah lebih dari 261.000 orang yang menandatangani kecaman dan penolakan terhadap penyematan status tersebut bagi Brigitte. Petisi itu dipelopori oleh pelukis Prancis, Thierry Paul Valette. Ia beralasan, tidak ingin ada dana publik tambahan yang disisihkan untuk Ibu Negara. Ditambah lagi, pengangkatan Brigitte sebagai Ibu Negara tampak kontradiksi dengan kebijakan Macron yang mengharamkan nepotisme alias memilih saudara dan kerabat dekat untuk masuk ke jajaran pemerintahan.

Bagaimana nasib Brigitte ke depan, apakah dia akan menjadi Ibu Negara pertama bagi Prancis? Biar waktu yang menjawabnya. Sekarang, saatnya kita mengenal dulu lebih jauh tentang perempuan yang sedang dipolemikkan di Prancis ini.

1. Anak Pengusaha Cokelat

Toko cokelat keluarga Brigitte. (Foto: Denis Charlet/AFP/Getty Images)

Istri Presiden Emmanuel Macron terlahir dengan nama Brigitte Marie-Claude Trogneux. Dia adalah anak bungsu dari enam bersaudara. Juga anak perempuan semata wayang orangtuanya.

Keluarga Brigitte sebagian besar tinggal di Prancis bagian utara. Ayah dan saudara-saudara lelakinya mengelola bisnis keluarga kecil-kecilan, yakni sebuah toko yang menjual cokelat. Usaha itu sudah diwariskan melalui lima generasi.

2. Usianya 24 Tahun Lebih Tua dari Suami

Salah satu yang sempat menjadi pergunjingan masyarakat karena dipandang kurang lazim adalah perbedaan usia yang jauh antara Brigitte dan suaminya, Emmanuel Macron. Pada 13 April lalu, usia perempuan kelahiran Amiens, Prancis itu, genap 64 tahun.

Berdasarkan ulasan People, Selasa (8/8/2017), pernikahan pertama Brigitte dengan seorang bankir bernama Andre-Louis Auziere, berlangsung 3,5 tahun sebelum suaminya yang sekarang lahir ke dunia. Jadi dia sudah memiliki tiga anak dan tujuh cucu saat menikah dengan Macron.

Anak sulungnya, Sebastian Auziere (42) bergelar insinyur. Putri tertuanya, Laurence Auziere-Jourdan (40) adalah seorang dokter jantung atau kardiolog. Anak bungsunya, Tiphaine Auziere (33) berprofesi sebagai pengacara.

Brigitte bercerai dengan suami pertamanya pada 2006 dan menikahi Macron setahun kemudian. Usia Macron saat itu sama dengan anak kedua Brigitte. Bahkan, Macron dan Laurence memang teman sekelas.

3. Punya Tiga Nama Panggilan

Mungkin kurang penting, tetapi sebagai catatan saja. Brigitte punya tiga nama panggilan. Nama panggilan pertamanya mirip dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yakni Bibi.

Sumber: People

Teman-temannya biasa memanggil dia Cocott. Ada lagi yang memanggilnya singkat, dengan inisial namanya, “BAM”.

4. Calon Ibu Negara Pertama Prancis dalam 1 Dasawarsa Terakhir

Ibu negara Prancis dari kiri ke kanan: Danielle Mitterrand, Cecilia Attias, Bernadette Chirac, Carla Bruni-Sarkozy dan Valerie Trierweiler. (Foto: Getty Images/AP/EPA)

Prancis belum pernah punya Ibu Negara lagi selama 10 tahun terakhir, sejak Jacques dan Bernadette Chirac. Maklum saja, mantan Presiden Prancis Francois Hollande masih lajang, meskipun membesarkan empat anak. Ia juga berkencan dengan seorang jurnalis bernama Valerie Trierweiler dan selama 5 tahun terakhir, berpindah hati ke aktris Julie Gayet. Presiden sebelumnya lagi, Nicholas Sarkozy bercerai dengan istrinya beberapa bulan sebelum dilantik jadi kepala negara.

5. Kepribadian Sebenarnya

Selama masa kampanye, Brigitte dicitrakan sebagai sosok yang bijaksana. Jurnalis Caroline Derrien yang menjadi asisten penulis biografi Macron mengungkap, aslinya calon Ibu Negara Prancis itu sangat ceria, banyak bicara dan ekstrovert.

6. Konsumen Louis Vuitton sejak 2015

Lemari Brigitte dipenuhi dengan barang-barang produksi Louis Vuitton. Dia juga selalu keluar dengan pakaian rancangan butik elite asli Negeri Mode tersebut. Kabarnya, Brigitte dan Macron mulai menyukai barang-barang LV setelah direktur perusahaan fesyen tersebut, Delphine Arnault memberikan beberapa tips bagus kepada istri menteri ekonomi Prancis.

7. Ibu Baptis Dua Bayi Panda

Percaya tak percaya, Brigitte mendapatkan kehormatan sebagai ibu baptis dari dua ekor panda di China. Sayangnya, rencana itu tak terwujud sempurna karena hanya seekor bayi Panda Huan Huan yang bertahan hidup setelah dilahirkan.


1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini