nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Kosta Rika Bakal Jadi Negara Pertama yang Melarang Plastik Sekali Pakai

Donald Banjarnahor, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 18:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 18 1752099 mantap-kosta-rika-bakal-jadi-negara-pertama-yang-melarang-plastik-sekali-pakai-BhERcGdbg6.jpg Ilustrasi (Okezone)

KOSTA Rika mengambil sikap melawan sampah plastik yang telah membanjiri samudra dan menyumbat tempat pembuangan sampah.

Seperti dikutip dari Inhabitat, negara ini siap menjadi yang pertama di dunia yang menghilangkan semua plastik sekali pakai, bukan hanya pelarangan kantong plastik atau botol air.

Dengan menggunakan pendekatan multi-cabang, Kosta Rika akan menghilangkan garpu plastik, tutup gelas kopi dan bahkan pengaduk kopi. Mereka berencana melakukan ini pada tahun 2021.

Plastik adalah salah satu masalah paling dramatis yang dihadapi lingkungan. Ada begitu banyak sampah plastik di lautan yang sulit untuk dipahami, dan jumlah sampah ini terus-menerus ditemukan lebih banyak.

Diperkiralan pada tahun 2050, bisa ada lebih banyak plastik di laut daripada ikan. Di Kosta Rika, 4.000 ton limbah padat diproduksi setiap hari, dan 20 persennya tidak pernah sampai ke pusat daur ulang atau tempat pembuangan akhir, melainkan berakhir di sungai, pantai dan hutan Kosta Rika.

Kosta Rika telah mengambil perlindungan lingkungan secara serius. Negara ini berencana untuk menjadi karbon netral pada tahun 2021, sebagian dengan membuang bahan bakar fosil.

Mereka juga didedikasikan untuk memulihkan hutan mereka dan melindungi satwa liar. Agar bisa beralih dari plastik sekali pakai, negara ini akan memanfaatkan sektor publik dan swasta untuk menyelesaikan lima tindakan.

Negara ini akan menawarkan insentif dan kemudahan persyaratan penerbitan untuk pemasok, selain berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan inisiatif lainnya yang akan mendekati ke tujuan. Ini juga akan menggantikan produk sekali pakai dengan inovasi seperti bahan berbasis selulosa asetat.

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini