nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

19 Orang Tewas Usai Teguk Miras Oplosan di Kosta Rika

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 11:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 22 18 2081911 19-orang-tewas-usai-teguk-miras-oplosan-di-kosta-rika-jn72pXdeNW.jpg Dua dari 19 merek miras yang ditarik pemerintah Kosta Rika dari peredaran karena mengandung metanol. Foto/ABC News

SAN JOSE - Sedikitnya 19 orang tewas usai mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan alkohol di di Kosta Rika, kata para pejabat.

Para korban, yang berusia antara 32 hingga 72 tahun, mengonsumsi miras di berbagai kota di seluruh negeri itu sejak awal bulan lalu, ungkap Kementerian Kesehatan negara itu akhir pekan lalu.

Para korban tewas karena karena keracunan metanol. Kematian banyak terjadi di San José, Cartago, Limón, Guanacaste dan Heredia.

Mengutip ABC News, Senin (22//2019), pemerintah Kosta Rika telah menyita lebih dari 30.000 botol miras, Warga juga diperingatkan untuk menghindari beberapa merek yang dinyatakan positif terkontaminasi racun.

Baca juga: Lebih dari 150 Orang di India Tewas Akibat Minum Miras Oplosan

Baca juga: Bayi Berusia 1 Bulan di China Meninggal Setelah Diberi Minuman Keras oleh Kakeknya

Merek-merek yang disita termasuk Guaro Montano, Guaro Gran Apache, Bintang Welsh, Aguardiente Barón Rojo, Aguardiente Timbuka dan Aguardiente Molotov.

Miras-miras tersebut dipalsukan dan mengandung metanol. Jika diminum seseorang bisa menyebabkan kematian.

"Penting untuk menekankan bahwa informasi ini adalah awal penyelidikan," kata pernyataan itu.

"Kementerian Kesehatan terus melakukan operasi di seluruh wilayah nasional untuk mengurangi paparan konsumen terhadap produk-produk yang tercemar."

Gejala keracunan metanol termasuk sakit perut akut, sakit kepala dan tubuh sulit bergerak. Para korban sering menunda mencari perawatan usai keracunan, karena gejalanya cenderung muncul berselang lama setelah mengonsumsi metanol, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini