nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecelakaan Pesawat di Kosta Rika, 12 Orang Tewas

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 01 18 1838448 kecelakaan-pesawat-di-kosta-riska-12-orang-tewas-n9AkZC9Irx.jpg Kecelakaan pesawat di Kosta Rika. (Foto: Reuters)

SAN JOSE - Sebuah pesawat milik Kosta Rika mengalami kecelakaan di hutan dekat sebuah pantai yang populer di kalangan wisatawan pada Minggu 31 Desember. Kecelakaan nahas tersebut menewaskan 10 orang yang merupakan warga Amerika Serikat (AS) dan dua pilot, kata pemerintah Kosta Rika.

Kecelakaan itu terjadi di daerah pegunungan di lepas pantai pantai Punta Islita di provinsi Guanacaste, sekira 230 kilometer (km) barat ibu kota Kosta Rika, San Jose.

BACA JUGA: Pesawat Amfibi Jatuh di Dekat Sydney, Enam Orang Tewas

"Tidak ada orang yang berhasil selamat," kata Menteri Keamanan Kosta Rika Gustavo Mata, menambahkan bahwa autopsi diperlukan untuk memastikan identitas korban karena jasad mereka terbakar parah.

Dilaporkan Reuters, Senin (1/1/2018), Enio Cubillo, Direktur Penerbangan Sipil Kosta Rika, mengatakan bahwa pesawat Cessna 208B Grand Caravan yang dioperasikan oleh perusahaan lokal Nature Air jatuh beberapa menit setelah lepas landas, namun pihak otoritas setempat belum mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

Pesawat tersebut telah melewati pemeriksaan keamanan sekira sebulan yang lalu dan diberi wewenang untuk terbang, kata Cubillo. Meskipun angin kencang di pagi hari telah memaksa pilot untuk mengubah jadwal perjalanan mereka, ia berhasil menerbangkan pesawat dengan selamat ke Punto Islita untuk menjemput penumpang menuju San Jose.

BACA JUGA: Bocah 4 Tahun Selamat dari Kecelakaan Pesawat yang Tewaskan 8 Orang di Rusia

Nature Air mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia menyesalkan kecelakaan tersebut, tanpa menjelaskan penyebab kecelakaan. Penerbangan tersebut merupakan layanan khusus untuk 20 orang, yang dibagi menjadi dua pesawat. Pesawat pertama, yang membawa 10 penumpang, tiba dengan selamat di San Jose. Pesawat kedua, dengan 10 penumpang dan dua pilot, berangkat 20 menit kemudian.

"Sayangnya pesawat ini jatuh beberapa menit setelah lepas landas," kata Nature Air.

Sebuah video yang merekam lokasi kecelakaan yang diperoleh dari Kementerian Keamanan Kosta Rika menunjukkan kobaran api yang melahap setumpuk reruntuhan yang menghitam dengan bagian-bagian pesawat yang berserakan di area yang penuh dengan pepohonan.

BACA JUGA: Hendak Berlibur ke Kanada, Enam Orang Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Wisconsin

Laura Chinchilla, Presiden Kosta Rika periode 2010-2014, mengatakan lewat Twitter bahwa sepupunya yang merupakan salah satu pilot pesawat itu, meninggal dalam kecelakaan tersebut. Selain itu, seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS membenarkan bahwa 10 warganya telah meninggal dalam kecelakaan tersebut, namun mengatakan bahwa pihaknya tidak akan memberikan rincian lebih lanjut untuk menghormati keluarga korban yang berduka.

Punta Islita yang terletak di Pantai Pasifik Kosta Rika, sangat populer di kalangan wisatawan Amerika Utara dan Eropa. Pantai tersebut terkenal karena masih asli dan pemandangannya yang rimbun.

(pai)

https://news.okezone.com/read/2017/11/15/18/1814422/bocah-4-tahun-selamat-dari-kecelakaan-pesawat-yang-tewaskan-8-orang-di-rusia

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini