Wow! Cetak Rekor Bersejarah, Malawi Relokasi 520 Ekor Gajah

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Kamis 10 Agustus 2017 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 18 1752964 wow-cetak-rekor-bersejarah-malawi-relokasi-520-ekor-gajah-uigFNR0QOf.jpg Proses pemindahan gajah. (Foto: AFP)

BLANTYRE - Otoritas Malawi merayakan pencapaian besar mereka dalam sektor penyelamatan lingkungan setelah berhasil merelokasi 520 ekor gajah ke tempat yang lebih baik. Ratusan gajah tersebut diketahui merupakan gajah-gajah yang nyaris menjadi korban perburuan.

Sebagaimana disitat dari The Star, Kamis (10/8/2017), pemindahan tersebut tercatat sebagai relokasi terbesar satwa liar yang pernah ada sepanjang sejarah. Para gajah itu dipindahkan sekira 350 kilometer (km) jauhnya dari tempat penampungan sementara ke Nkhotakota.

"Kami telah mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menjamin masa depan bagi gajah Malawi. Tak hanya itu, kami juga membantu masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan satwa liar," ujar perwakilan Taman Nasional Nkhotakota, Brighton Kumchedwa.

Pada 2015, populasi gajah di Taman Nasional Nkhotakota turun secara ekstrem yaitu dari 1.500 ekor menjadi hanya 100 ekor. Pemindahan ini diharapkan mampu menghidupkan dan mengembangkan populasi gajah di sana. Rumah baru mereka kini telah dilengkapi dengan standar keamanan ekstra seperti pagar listrik keliling.

Namun sayang, dilaporkan bahwa terdapat dua ekor gajah yang mati dalam perjalanan. Mereka yang bertahan nantinya akan hidup berdampingan dengan hewan lain seperti kerbau, antelop, babi hutan, dan zebra.

"Translokasi ini adalah momen penting untuk Malawi. Mengembangkan lebih dari 500 gajah dan mengetahui bahwa mereka akan berkembang di Nkhotakota, merupakan contoh nyata dari hasil kolaborasi yang baik," terang Kepala Taman Nasional Afrika, Peter Fearnhead.

Perburuan gajah di Afrika terus terjadi akibat terus meningkatnya permintaan gading. Sekira 100 tahun lalu, populasi gajah Afrika mencapai 10 juta ekor, namun kini hanya terdapat 450 ribu ekor.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini