nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semarak Pilgub Kalbar 2018, Rektor hingga Bupati Lagi Bersiap Calonkan Diri

ant, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 16:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 09 340 1752731 semarak-pilgub-kalbar-2018-rektor-hingga-bupati-lagi-bersiap-calonkan-diri-fCeqCPg39f.jpg Ilustrasi (Okezone)

PONTIANAK – Suhu politik jelang Pilgub Kalimantan Barat 2018 mulai memanas. Sejumlah nama dinyatakan siap maju untuk bertarung memperebutkan kursi Kalbar 1, mulai dari akademisi, politisi hingga bupati kepincut maju.

Sejumlah figur telah menyatakan siap maju pada Pilgub Kalbar, di antaranya Sutarmidji (Wali Kota Pontianak) Suryadman Gidot (Bupati Bengkayang), Hildi Hamid (Bupati Kayong Utara), Ria Norsan (Bupati Mempawah).

Kemudian Boyman Harun (Ketua DPW PAN Kalbar), Milton Crosby (Mantan Bupati Sintang), Adrianus Asia Sidot (mantan Bupati Landak), Karolin Margret Natasa (Bupati Landak).

Belakangan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Dr Thamrin Usman juga menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilgub 2018. "Saya siap maju pada Pilgub Kalbar mendatang, dan kalau bisa melalui partai politik. Kalau melalu jalur independen usaha berikutnya," katanya, Rabu (9/8/2017).

Ia menjelaskan, kalau maju melalui parpol, maka akan lebih baik, karena sudah punya modal awal dalam bermitra, karena dalam pemerintahan tidak terlepas dari urusan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Menurut dia, peluang untuk mendaftar di parpol masih terbuka lebar, karena hingga saat ini belum ada satupun parpol yang telah menetapkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung pada pesta demokrasi tahun 2018 mendatang.

Thamrin optimistis karena dirinya cukup dikenal oleh kalangan masyarakat Kalbar. Selain itu, sebagai rektor Untan Pontianak, dia sudah beberapa kali mewisuda mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di Untan.

"Saya sudah dikenal, setiap mewisuda, pasti ada foto saya dengan para wisudawan, sehingga secara tidak langsung masyarakat pasti sudah melihat foto-foto yang dipajang oleh para alumni Untan tersebut," ujarnya sambil bercanda.

Dalam kesempatan itu, dia menekankan pada peningkatan kualitas, seperti pemanfaatan sumber daya alam dan manusianya.

"Jangan sampai SDA yang ada saat ini hanya dinikmati oleh orang luar saja," katanya.

Menurut dia, keberagaman etnis dan agama di Kalbar merupakan anugerah Tuhan, yang tak ternilai harganya, karena hal tersebut dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan daya saing dan menjadi daya tarik menaikkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal ke Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Thamrin juga menambahkan, dirinya akan maju pada Pilgub Kalbar, karena banyak hal yang bisa diberikannya kepada daerah secara langsung, baik pengalamannya sebagai pemimpin maupun kemampuannya secara keilmuan.

"Saya minta doa dan restu serta dukungan dari masyarakat Kalbar untuk maju pada Pilgub Kalbar, dan menjadi pemimpin yang amanah guna memberikan kemaslahatan bagi semua masyarakat Kalbar," katanya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini