Image

Wah, Pemda Setempat Kebingungan dengan 20 Ribu Ekor Sapi Milik Pengungsi Gunung Agung

Nurul Hikmah, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017, 17:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 23 340 1781627 wah-pemda-setempat-kebingungan-dengan-20-ribu-ekor-sapi-milik-pengungsi-gunung-agung-YIberRKPWU.jpg Warga yang terdampak erupsi Gunung Agung mengungsi dan membawa barang berharga (Foto: Antara)

KARANGASEM - Status Gunung Agung saat ini menjadi awas. Sebagian besar warga yang tinggal dekat dengan gunung tersebut telah mengungsi ke tempat yang aman. Yang menjadi permasalahan, hewan ternak warga yang juga harus diselamatkan. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, I Putu Sumantra mengatakan, ternak merupakan salah satu tumpuan ekonomi di Karangasem terutama di kecamatan-kecamatan yang berada di radius 12 KM dari Gunung Agung. Dari data yang ada di Dinas Peternakan terdapat 30 ribu ekor sapi di Karangasem.

"Saat ini data terbaru hanya tersisa 20 ribu ekor sapi. Sebagian warga sudah menjual sapinya dengan harga yang murah," ujarnya saat rapat koordinasi di Kantor Bupati Karangasem, Sabtu (23/9/2017).

Sementara itu, ribuan ekor sapi yang masih tersisa masih belum diputuskan untuk dijual dengan harga normal atau hanya diungsikan. "Jika diungsikan akan diungsikan di mana. Bagaimana cara mengungsikannya? Apa yang akan dipakai mengungsikan? ucapnya.

Pihaknya menyatakan, saat ini hanya mampu mendatangkan pembeli. Bila mau dievakuasi pemilik ternak, sebagian sudah tidak ada yang berani kembali ke rumah.

"Saat ini kami  sudah berkoordinasi langsung dengan Dirjen Peternakan dan Pemkab Karangasem. Nanti malam beliau akan datang," tuturnya.

Dikabarkan sebelumnya bahwa para peternak rela menjual harga sapinya dengan murah. Satu ekor sapi yang biasanya dihargai Rp12 juta, dipangkas hanya menjadi Rp6 juta.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini