nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB Imbau Masyarakat Jangan Percaya Kabar Hoax soal Meletusnya Gunung Agung

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 25 September 2017 03:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 25 340 1782239 bnpb-imbau-masyarakat-jangan-percaya-kabar-hoax-soal-meletusnya-gunung-agung-0iFHAwrKYx.jpg Gunung Agung (foto: Antara)
 

JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho mengimbau masyarakat sekitar Gunung Agung tetap tenang dan tidak begitu saja percaya dengan media social beredar foto,video dan pemberitahuan yang menyesatkan.

"Mohon jangan ikut-ikutan menyebarluaskan ke media sosial atau group whatsapp sehingga menimbulkan kepanikan dan keresahan masyarakat," kata Sutopo dalam siaran persnya, di Klungkung, Bali, Minggu (24/9/2017).

Kata dia, di saat ribuan masyarakat sekitar Gunung Agung sedang menderita dan harus mengungsi, mari saling membantu. Saling menolong. Rasa gotong royong, toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia kita berikan kepada saudara-saudara kita yang sedang mengungsi dari potensi meletusnya Gunung Agung.

"Jangan justru menyebarkan informasi yang menyesatkan," kata dia.

BNPB juga memasang rambu-rambu peringatan sebagai penanda pemberitahuan jarak radius yang mudah dipahami masyarakat. Rambu dipasang di jalan-jalan, sehingga masyarakat mengetahui posisinya dimana batas antara radius aman dan berbahaya.

Ia menjelaskan, aktivitas vulkanik dan kegempaan Gunung Agung masih tinggi, dimana timbul asap kawah putih sedang dengan ketinggian 200 meter.

Pergerakan magma di dapur magma mendesak batuan masih terus berlangsung. Hingga saat ini Gunung Agung belum meletus.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini