nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kera Putih Mulai Turun dari Gunung Agung

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 23:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 340 1785955 kera-putih-mulai-turun-dari-gunung-agung-GHMtS1knxf.jpg

KARANGASEM – Seekor kera putih berhasil diselamatkan saat turun dari Gunung Agung, Jumat (29/9/2017). Namun karena liar, pihak pencinta dan pelindung satwa membius dan menempatkan kera itu di tempat aman.

Petugas pantau di Gunung Agung menyebutkan kalau kera putih sudah dalam penanganan pihak JAAN (Jakarta Animal Aid Network) yang datang khusus ke Bali untuk menyelamatkan satwa liar di areal Gunung Agung pasca-ditetapkannya status Awas.

Amank, salah seorang staf JAAN memastikan kera putih itu dalam kondisi sudah dikarantinakan. Ia mengatakan bahwa kera putih itu bukan kera albino.

(Baca Juga: Aktivitas Gunung Agung Meningkat, Kemenhub Siapkan 300 Unit Bus untuk Pengungsi)

"Kera biasa bukan albino. Besok rencana kami akan mengetes kera ini secara medis," ujarnya.

Dari semua satwa yang keluar dari hutan di Gunung Agung, ada keyakinan di masyarakat jika belum keluar kera putih, gunung tersebut masih aman.

(Baca Juga: Berasal dari Desa yang Aman, 70 Ribu Pengungsi Gunung Agung Bakal Dipulangkan)

Made Nyadeg (92), tetua di Karangasem, meyakini seperti pada 1963, saat itu kera putih memunculkan diri. Kemudian dalam hitungan hampir sehari gunung langsung meletus.

"Tandanya sang wenara petak tedun (kera putih turun). Itu berarti mau meletus. Dulu begitu wenara petak terlihat, saat itu pagi dan malam dini hari langsung meletus," jelasnya.

Saat ini aktivitas Gunung Agung terus meningkat. Berdasarkan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Agung bahwa Gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 50-200 m di atas kawah puncak.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini