nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Orang di Madagaskar Kehilangan Nyawanya Akibat Wabah

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 16:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 18 1790096 puluhan-orang-di-madagaskar-kehilangan-nyawanya-akibat-wabah-JHGYsyXwdV.jpg Foto anak-anak di Madagaskar yang menggunakan masker karena khawatir dengan penyebaran wabah (Foto: Getty Images)

ANTANANARIVO – Penyebaran wabah mematikan saat ini tengah membayangi Madagaskar. Pasalnya, setidaknya sudah ada 24 orang yang dilaporkan kehilangan nyawanya akibat wabah.

Sebagaimana dikutip dari ITV, Jumat (6/10/2017) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim, setidaknya 114 orang tercatat terinfeksi oleh wabah. Hal yang mengkhawatirkan adalah penyakit ini menjangkiti area padat penduduk sehingga semakin meningkatkan risiko penyebarannya.

Media setempat mewartakan, lima orang di Kota Antananarivo dilaporkan meninggal akibat wabah. Salah satu korban jiwa itu merupakan seorang pelatih bola basket yang berasal dari Seychelles dan ia berada di Ibu Kota Madagaskar untuk mengikuti sebuah turnamen.

Pelatih yang bernama Alix Allisop itu disebut mengembuskan napas terakhirnya pada pekan ini ketika tengah dirawat di rumah sakit. Pelatih berusia 49 tahun itu sempat mengeluhkan ia mengalami sesak napas.

Pemerintah Madagaskar bahkan meminta anak-anak agar tidak berangkat sekolah untuk sementara. Ujaran itu disampaikan bersamaan dengan kampanye Pemerintah Madagaskar agar dilakukannya desinfeksi terhadap ruang kelas di Kota Antananarivo.

WHO yang terus mengirim para anggotanya serta bantuan medis ke Madagaskar melaporkan bawah tercatat setiap tahunnya ada 400 kasus penyebaran wabah bubonik di negara tersebut. “Wabah bubonik menyebar oleh tikus yang terinfeksi melalui gigitan kutu, pneumonia melalui orang ke orang,” jelas WHO

Time mewartakan, wabah di sini merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis. Wabah ini memiliki dua bentuk utama yaitu: bubonik dan pneumonia.

Wabah bubonik disebarkan oleh tikus yang terinfeksi melalui gigitan kutu. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang menyakitkan serta memperlihatkan gejala bak orang yang menderita flu.

Wabah pneumonia ditularkan secara langsung dari orang ke orang dengan menghirup pernapasan dari pihak yang terinfeksi. Walau ini termasuk jarang, wabah ini dianggap lebih mematikan jika tidak segera diobati.

Sayangnya yang saat ini membayangi Madagaskar ternyata wabahnya sangat mengkhawatirkan. Sebab WHO menyebut, tidak hanya satu tapi kedua jenis wabah saat ini tengah menyebar di negara itu.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini