nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedikitnya 16 Tewas Tergencet di Stadion pada Perayaan Hari Nasional Madagaskar

A. Fika Muftiarini/Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 12:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 27 18 2071541 sedikitnya-16-tewas-tergencet-di-stadion-pada-perayaan-hari-nasional-madagaskar-4UdkjJCSCL.jpg Presiden Madagaskar, Andry Rajoelina ikut ambil bagian dalam perayaan itu. (Foto: EPA)

ANTANANARIVO - Sedikitnya 16 orang tewas tergencet di sebuah stadion pada perayaan hari kemerdekaan di Madagaskar. Detail dari kejadian itu masih belum jelas, tetapi pihak berwenang mengatakan insiden terjadi saat orang-orang berusaha keluar stadion setelah parade dan polisi menutup pintu lokasi.

Selain korban tewas, puluhan orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka akibat insiden yang terjadi di stadion di Ibu Kota Antananarivo itu.

September tahun lalu, kerumunan massa yang meluap pada sebuah pertandingan sepak bola di stadion yang sama membuat satu orang tewas dan melukai 30 lainnya.

Dalam insiden terakhir ini, ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan parade militer dan konser musik yang digelar untuk merayakan hari kemerdekaan Madagaskar. Laporan AFP yang dilansir BBC menyebutkan bahwa setelah parade selesai, petugas keamanan membuka gerbang agar para penonton bisa meninggalkan stadion.

Namun, beberapa saksi mata mengatakan bahwa gerbang itu langsung ditutup kembali dan massa diblokir oleh polisi menyebabkan mereka tergencet.

"Ketika panitia membuka gerbang, kami berada di barisan depan, dalam antrean," kata Jean Claude Etienne Rakotoarimanana, seorang korban yang menderita memar dalam insiden itu.

"Tiba-tiba orang-orang berlari untuk sampai di depan kami. Mereka mendorong kami, beberapa bahkan meninju kami dan menarik kami," tambahnya. Dia mengatakan bahwa dia pingsan akibat kekerasan yang terjadi.

Presiden Andry Rajoelina telah mengunjungi para korban di rumah sakit dan mengatakan kepada wartawan bahwa negara akan menanggung biaya pengobatan bagi mereka yang terluka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini