nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tolikara dan Intan Jaya Memanas, 400 Personel Brimob Dikirim ke Papua

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 23 Oktober 2017 14:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 23 340 1800677 tolikara-dan-intan-jaya-memanas-400-personel-brimob-dikirim-ke-papua-0XN1GV3Y9D.jpg

JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli mengatakan, sebanyak 400 personel Brimob saat ini di bawah kendali operasi (BKO) ke Polda Papua.

Ratusan personil brimob itu berasal dari Polda Sulsel sebanyak 200 personel, Polda Maluku Utara 103 personel dan sisanya dari Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni sebanyak 97 personil.

Personel Brimob yang diperbantukan ke Polda Papua itu akan ditugaskan untuk mengamankan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Intan Jaya, kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli usai penerimaan pasukan di Jayapura, Senin (23/10/2017).

Dia mengatakan, personel Brimob dari Polda Sulsel akan ditugaskan di Kabupaten Intan Jaya dan saat ini sudah berada di Timika, sedangkan personil Brimob dari Polda NTT dan Polda Maluku Utara akan bertugas di Kabupaten Tolikara.

Personel Brimob itu akan bertugas di kedua kabupaten yang sampai saat ini masih mengalami dampak akibat pilkada karena masih terdapat kelompok masyarakat yang belum menerima keputusan MK.

Bahkan di Tolikara, masyarakat masih memblokade jalan sehingga akses dari dan ke Karubaga, Ibu Kota Kabupaten Tolikara terhenti, kata Irjen Pol Boy Rafli seraya menambahkan, dalam bertugas personel Brimob diminta lebih mengutamakan persuasif guna menghindari jatuhnya korban di masyarakat.

"Untuk menghindari terjadinya konflik horisontal pendekatan persuasif harus terus dilakukan," tegasnya.

Dikatakan, walaupun Bupati Tolikara terpilih Usman Wanimbo sudah dilantik, namun sekelompok masyarakat yang tidak mendukungnya hingga kini memblokade ruas jalan utama yang menghubungkan Wamena-Karubaga.

Polisi tidak akan membubarkan dan membuka blokade secara paksa sehingga pendekatan terus dilakukan termasuk meminta Bupati Usman Wanimbo melakukan komunikasi hingga pemblokadean jalan yang melintas di Distrik Minage dapat segera dibuka.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini