Image

Keren! Ramaikan Tur Trump di Asia, 3 Kapal Induk AS Bakal Manuver Bareng

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 07 November 2017, 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 07 18 1809762 keren-ramaikan-tur-trump-di-asia-3-kapal-induk-as-bakal-manuver-bareng-2gdVle809z.jpg Tiga kapal induk AS saat manuver bareng Tahun 2017. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Sebanyak 3 kapal induk Amerika Serikat (AS) dan masing-masing armada tempurnya akan melakukan latihan militer bersama di lokasi yang sama di Pasifik Barat. Manuver gabungan tiga kapal induk yang langka ini akan meramaikan tur panjang Presiden Donald Trump di Asia.

Seorang pejabat AS sebelumnya mengatakan bahwa latihan gabungan tersebut sedang dipertimbangkan dan perencanaannya sedang dilakukan. Keputusan untuk merealisasikannya di Pasifik Barat belum dipublikasikan.

Tiga kapal induk yang akan terlibat manuver langka ini adalah kapal USS Nimitz, USS Ronald Reagan dan USS Theodore Roosevelt. Sejumlah kapal perang dan kapal selam dipastikan akan ikut menyertai ketiga kapal raksasa itu.

Tiga kelompok tempur kapal induk Pentagon belum pernah beroperasi di wilayah Pasifik Barat secara bersamaan sejak 2007.

Salah seorang pejabat Pentagon yang membahas rencana latihan tersebut telah berbicara dengan Reuters dengan syarat anonim yang dilansir Selasa (7/11/2017). Dia tetap merahasiakan tanggal atau lokasi latihan yang tepat.

(Baca juga: Jelang Tur Asia Trump, Pesawat Bomber AS Latihan Terbang di Wilayah Korsel)

Pentagon dan Armada Pasifik Angkatan Laut AS juga menolak berkomentar mengenai operasi gabungan itu. Rencana terkait apakah Presiden Trump akan mengunjungi salah satu dari tiga kapal induk tersebut juga belum muncul dari pihak Gedung Putih.

Trump sendiri telah berulang kali mengumbar retorika kerasnya terhadap Korea Utara (Korut) mengenai program rudal dan senjata nuklir Pyongyang sejak memulai lawatan 12 hari ke Asia pada hari Minggu.

Ketika berada di Tokyo pada Senin kemarin, Trump memperbarui peringatannya bahwa ”era kesabaran strategis” terhadap Korea Utara telah berakhir.

Pemimpin AS ini akan mengunjungi Korea Selatan pada hari Selasa (7/11/2017). Trump telah bersumpah untuk menghancurkan Korea Utara secara total jika diperlukan untuk mempertahankan Amerika Serikat atau sekutunya.

(Baca juga: Jelang Tur Asia Trump, AS Kirim Pesawat Siluman ke Wilayah Pasifik)

Terakhir kali, yakni pada 2007, tiga kelompok tempur kapal induk AS melakukan latihan bersama bertajuk “Valiant Shield”. Tiga kapal yang terlibat saat itu adalah kapal Nimitz, John C. Stennis dan Kitty Hawk. Lokasi latihan pada saat itu berada di dekat Guam.

Menurut dokumen di situs Angkatan Laut Washington, 15 kapal dan 17 pesawat termasuk pesawat pembom B-52 ikut dilibatkan dalam latihan tahun 2007.

Pejabat pertahanan AS baru-baru ini mencatat bahwa kehadiran tiga kapal induk Pentagon di wilayah Pasifik untuk meyakinkan sekutu-sekutunya soal jaminan keamanan dari potensi ancaman serangan rudal Korut.

”Ini menunjukkan kemampuan yang tidak dapat dilakukan oleh negara lain di dunia ini,” kata Direktur Staf Gabungan Letnan Jenderal Kenneth McKenzie Jr, beberapa waktu lalu.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini