Share

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Perbatasan Irak-Iran, Delapan Desa Dilaporkan Rusak

Putri Ainur Islam, Okezone · Senin 13 November 2017 03:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 18 1812888 gempa-berkekuatan-7-2-sr-guncang-perbatasan-irak-iran-delapan-desa-dilaporkan-rusak-G5ER918ctu.jpg Gempa guncang perbatasan Irak-Iran. (Foto: US Geological Survey)

AZGALEH – Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) mengguncang Irak, sekira 32 km barat daya kota Halabjah, dekat perbatasan Irak-Iran, kata Survei Geologi AS. Di atas perbatasan di Iran, pusat seismologi negara itu mengatakan sebuah gempa berkekuatan 7,3 melanda Azgaleh.

Stasiun telivisi milik Iran menyampaikan bahwa gempa tersebut telah dirasakan di sejumlah kota di negara tersebut dan telah merusak delapan desa, termasuk merobohkan tiang listrik di sejumlah desa tersebut.

"Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi Iran yang berbatasan dengan Irak ... Delapan desa rusak... Listrik telah terputus di beberapa desa dan tim penyelamat telah dikirim ke daerah tersebut," lapor stasiun TV milik negara Iran, dilansir The Independent, Senin (13/11/2017).

Seorang pejabat dari departemen Meteorologi Irak mengatakan bahwa gempa tersebut dirasakan di sebagian besar wilayah Irak, termasuk ibu kota Baghdad, namun hanya berkekuatan 6,5 SR.

Saluran air dan listrik terputus di beberapa desa dan kota di provinsi Kermanshah Barat dan masyarakat tetap berada di jalanan karena ancaman dari gempa susulan, kata pejabat setempat kepada televisi pemerintah.

"Sejauh ini tidak ada korban yang dilaporkan," kata pejabat tersebut.

Banyak rumah di daerah perdesaan terbuat dari batu bata lumpur, yang telah diketahui rapuh dan mudah runtuh. Badan meteorologi Amerika pun mengeluarkan peringatan "oranye" untuk gempa tersebut.

Selain itu, provinsi-provinsi yang berada di Iran di wilayah barat laut, barat, dan tengah negara juga merasakan guncangan gempa tersebut. Media sosial Iran pun penuh dengan unggahan orang-orang yang mengevakuasi rumah mereka.

(pai)

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini