Image

Laku Rp460 M, Ini Penampakan Berlian Terbesar yang Pernah Dilelang di Dunia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 18 1814535 laku-rp460-m-ini-penampakan-berlian-terbesar-yang-pernah-dilelang-di-dunia-iK2KZ2mHR2.jpg Kalung berlian The Art of Grisogono. (Foto: AFP)

JENEWA – Berlian terbesar yang pernah ditawarkan di sebuah pelelangan terjual dengan harga fantastis hampir mencapai USD34 juta atau sekira Rp460 miliar. Menurut Rumah Lelang Christie, jumlah itu merupakan rekor dunia untuk berlian dengan kualitas dan jenis serupa.

BACA JUGA: Wow! Berlian Pink Terbesar Kedua di Dunia Laku Terjual Rp711 Miliar

Berlian warna D sempurna seberat 153,41 karat yang tergantung pada kalung zamrud dan berlian bernama The Art of Grisogono itu terjual dengan harga 33,5 juta franc Swiss (Rp459 miliar) pada pelelangan perhiasan musim gugur Christie di Jenewa, Swiss. D adalah kelas warna tertinggi untuk berlian, yang menunjukkan bahwa batu tersebut sama sekali tidak berwarna, dan sangat langka.   

Setelah melalui perang tawar sengit yang dimulai dari harga 20 juta franc Swiss, kalung tersebut akhirnya terjual pada seorang penawar yang namanya dirahasiakan dengan harga jauh di atas yang diperkirakan, 25 juta franc Swiss. Namun, banyak yang merasa kalung yang dideskripsikan sebagai sebuah “mahakarya” tersebut seharusnya bisa terjual dengan harga yang lebih mahal lagi.

"Saya kecewa karena Art of de Grisogono tidak terjual dengan harga yang lebih memesona," kata Tobias Kormind, Pimpinan dari 77 Diamonds, salah satu pedagang berlian terkemuka Eropa, sebagaimana dilansir AsiaOne, Rabu (15/11/2017). Kormind mengatakan, dia sempat berpikir kalung tersebut dapat terjual dengan harga setidaknya USD50 juta.

Berlian warna D tipe 11A yang sempurna itu dipotong dari batuan kasar 404 karat yang ditemukan pada Februari 2016 di tambang Lulo, Angola dan merupakan berlian putih kasar terbesar ke-27 yang pernah ditemukan. Berlian kasar itu kemudian dianalisa di Antwerp, Belanda, di mana tim beranggotakan 10 orang spesialis pemotong berlian bekerja memetakan, merencanakan dan membelah batu kasar itu menjadi sebuah berlian yang halus.

BACA JUGA: Perusahaan Tambang Rusia Berhasil Temukan Berlian Merah Muda Termahal

Sebuah tim dari pembuat perhiasan mewah Swiss, de Grisogono kemudian membuat 50 desain berbeda di sekitar berlian 163,41 karat tersebut, sebelum memilih untuk membuat sebuah kalung asimetris dengan berlian itu sebagai pusatnya. Sisi kiri kalung itu terdiri dari 18 berlian zamrud dan sisi kanannya terdiri dari dua baris zamrud berbentuk pir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini