Share

Otoritas Mesir Temukan Dua Makam Berusia 3.500 Tahun di Luxor

Putri Ainur Islam, Okezone · Minggu 10 Desember 2017 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 10 18 1827983 otoritas-mesir-temukan-dua-makam-berusia-3-500-tahun-di-luxor-djTLQL2b9Y.jpg Arkeolog yang tengah membersihkan mumi. (Foto: EPA)

KAIRO - Mesir telah mengumumkan penemuan dua makam kecil di kota Luxor selatan yang berusia sekira 3.500 tahun. Dengan penemuan tersebut, pemerintah berharap akan kembali menghidupkan kembali sektor pariwisata yang sedang ramai di Negeri Piramida tersebut.

Makam yang terletak di tepi barat sungai Nil di sebuah pemakaman untuk para bangsawan dan pejabat tinggi tersebut adalah penemuan terakhir di kota yang terkenal karena kuil dan makam kunonya yang mencakup berbagai sejarah Mesir kuno.

"Ini benar-benar hari yang luar biasa. Makam ke-18 sudah diketahui. Tapi ini pertama kalinya berada pada dua makam," ungkap otoritas Mesir Khaled al-Anani, dilansir dari The Guardian, Minggu (10/12/2017).

BACA JUGA: Arkeolog Mesir Temukan 8 Mumi Berusia 3.500 Tahun

Anani mengatakan bahwa penemuan tersebut merupakan bagian dari upaya kementerian untuk mempromosikan industri pariwisata Mesir yang sebagian mengandalkan peninggalan barang-barang kuno. Mesir sebelumnya pernah dilanda oleh serangan-serangan dari kelompok ekstremis dan kekacauan politik menyusul pemberontakan 2011 dan menyebabkan hancurnya barang-barang sejarah.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa satu makam memiliki sebuah area yang dilapisi batu bata dan berisi sebuah poros penguburan enam meter yang mengarah ke empat ruang samping. Artefak yang ditemukan di dalamnya sebagian besar pecahan peti mati kayu. Prasasti dan lukisan dinding menunjukkan bahwa makam tersebut berasal dari era antara masa pemerintahan Raja Amenhotep II dan Raja Thutmose IV, keduanya merupakan pemimpin dinasti ke-18.

Sedangkan makam lainnya memiliki lima pintu masuk yang mengarah ke aula persegi panjang dan berisi dua poros pemakaman yang terletak di sisi utara dan selatan makam tersebut.

BACA JUGA: Luar Biasa! Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berisi Mumi di Luxor

Di antara artefak yang ditemukan, di dalamnya terdapat kerucut penguburan, topeng pemakaman kayu yang dicat, kapal tanah liat, 450 patung, dan mumi yang dibungkus kain linen yang mungkin diperkirakan adalah seorang pejabat tinggi. Sebuah gerobak yang diukir di langit-langit diberi nama Raja Thutmose I dari dinasti ke-18.

Sebelumnya pada September, ahli arkeologi Mesir menemukan makam seorang tukang emas yang dipersembahkan kepada Dewa Amun dan mumi seorang perempuan bersama dua anaknya. Kementerian Warisan Sejarah Mesir menyebutkan, makam yang ditemukan berasal dari masa Kerajaan Baru Mesir sekira abad ke-16 sampai 11 sebelum masehi (SM).

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini