nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS-PAN-Gerindra Koalisi di Pilgub Maluku Utara dan Kaltim

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 27 Desember 2017 23:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 27 337 1836629 pks-pan-gerindra-koalisi-di-pilgub-maluku-utara-dan-kaltim-DN4jaRqell.jpg Presiden PKS Sohibul Iman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat berkoalisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku Utara dengan mendukung pasangan Muhammad Kasuba dan Madjid Hussein.

Presiden PKS Sohibul Iman mengumumkan pasangan ini di Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017) yang juga dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Bapak Muhammad Kasuba dengan Bapak Madjid Hussein. Cagub dan Cawagub Maluku Utara. Keduanya tidak bisa hadir, titip salam pada kita semuanya," ujar Sohibul di Kantor DPP PKS Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017).

Muhammad Kasuba adalah mantan Bupati Halmahera Selatan dan merupakan pengurus DPP PKS sekaligus koordinator wilayah di Indonesia Timur. Sedangkan Madjid Hussein merupakan Ketua DPW PAN Maluku Utara. 

(Baca Juga: Cegah Isu SARA di Pilkada, Bawaslu Gandeng Polri dan Kelompok Masyarakat)

Pada kesempatan yang sama, Sohibul juga mengumumkan ketiga partai politik ini juga mendukung pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi sebagai calon gubernur untuk Pilgub Kalimantan Timur pada 2018 nanti.

"Bapak Isran Noor dan Bapak Hadi Mulyadi calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Timur," kata Sohibul.

Isran merupakan mantan Bupati Kutai Timur. Sedangkan Hadi merupakan Anggota DPR RI dari Fraksi PKS. Ia juga pernah menjabat Ketua DPW PKS Kaltim.

Sebelumnya, PAN, PKS dan Gerindra telah sepakat untuk berkoalisi di tiga Pilgub lainnya. Ketiga daerah itu yakni Sumatera Utara: Mayjen Edy Rahmayadi- Musa Rajeksa, Jawa Barat: Sudrajat-Akhmad Syaikhu, dan Jawa Tengah: Sudirman Said.

(Baca Juga: Berkoalisi dengan PAN dan PKS di Pilkada Serentak, Prabowo Minta Maaf)

Untuk Jawa Tengah, ketiga partai ini belum memiliki satu suara terkait siapa yang akan menjadi pendamping Sudirman Said.

Prabowo bersyukur lima daerah ini telah disepakati bersama PAN dan PKS untuk berjuang bersama memenangkan Pilgub pada 2018 nanti.

"Alhamdulllah di daerah-daerah ini kami sepakat. Tapi kami juga akan bekerja keras di daerah lain," pungkas Prabowo.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini