nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Gedung di Portugal Tewaskan 8 Orang dan Lukai 50 Lainnya

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018 13:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 14 18 1844692 kebakaran-gedung-di-portugal-tewaskan-8-orang-dan-lukai-50-lainnya-7dV55MF5Jt.jpg Ilustrasi kebakaran. (Foto: Kolo TV)

LISBON - Sebuah gedung bertingkat dua yang berada di Vila Nova da Rainha, sebuah kota 250 km utara menuju kota Lisbon, Portugal, mengalami kebakaran pada Sabtu 13 Januari malam waktu setempat. Akibat kebakaran gedung tersebut, delapan orang dinyatakan tewas dan 50 orang lainnya terluka.

Dilansir dari Xinhua, Minggu (14/1/2018), api terlihat membumbung sekira pukul 9 malam waktu setempat. Diketahui api muncul akibat ledakan sebuah pemanas di gedung tersebut. Saat ledakan tersebut terjadi, terdapat sebuah pesta makan malam di gedung tersebut.

BACA JUGA: Angin Badai Ophelia Picu Kebakaran di Portugal, 27 Orang Tewas

Salah seorang saksi mata yang berbicara dengan saluran televisi setempat mengatakan, kebakaran tersebut memicu kepanikan di antara sekira 60 orang di gedung tersebut yang ikut dalam turnamen kartu amatir.

Otoritas Perlindungan Sipil Nasional mengirim 148 petugas pemadam kebakaran dan 67 unit pemadam kebakaran ke tempat kejadian. Si jago merah berhasil dipadamkan dalam waktu satu jam. Korban yang mengalami luka serius dan gangguan pernapasan akibat asap kebakaran dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter penyelamat.

BACA JUGA: 60 Hutan Kebakaran dalam Semalam di Portugal

Insiden tersebut merupakan yang terbaru dalam rangkaian tragedi terkait kebakaran di Portugal. Pada 2017, lebih dari 100 orang tewas dalam kebakaran hutan. Badai Ophelia yang disertai angin kencang yang melintasi Portugal pemicu kebakaran hutan tersebut. Sebelumnya, wilayah Portugal juga dilanda kebakaran hutan yang menewaskan 64 orang. Bencana dahsyat itu terjadi pada Juni 2017.

Akibat kebakaran tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Portugal, Constança Urbano de Sousa, memutuskan untuk mengundurkan diri pada Rabu 18 Oktober 2017 waktu setempat. Ia memutuskan untuk mengundurkan diri setelah tragedi kebakaran hutan membunuh lebih dari 100 orang dalam empat bulan terakhir di Portugal.

BACA JUGA: Waduh! Mendagri Portugal Mengundurkan Diri Setelah Kebakaran Dahsyat Melanda Negaranya

Sebagaimana diwartakan Reuters, langkah yang diambil Sousa dinilai tidak terlalu membuat tenang oposisi. Pasalnya, oposisi juga meminta Perdana Menteri (PM) Antonio Costa untuk mengundurkan diri.

"Meski tragedi ini diakibatkan oleh banyak faktor, saya tidak lagi memiliki kemampuan politik dan pribadi untuk tetap berada di posisi saya," tukas Menteri Constança Urbano de Sousa.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini