nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Resmikan Tol Bakauheni, Menteri Asal Lampung Ini Terharu

Tri Purna Jaya, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 00:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 337 1848764 jokowi-resmikan-tol-bakauheni-menteri-asal-lampung-ini-terharu-DLVdvzuosE.jpg Presiden Jokowi menaiki truk saat meresmikan Tol Bakauheni. (Foto: Antara)

BANDAR LAMPUNG - Peresmian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata juga memberi keharuan bagi salah satu menteri di jajarannya, Siti Nurbaya Bakar. Bagi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) itu, jalan tol di Lampung adalah mimpi yang pernah terendap hingga puluhan tahun tanpa sedikit pun terealisasi.

Kebahagiaan dan rasa haru itu dibagikan menteri asal Lampung itu di akun Instagram-nya, @siti.nurbayabakar pada Senin 22 Januari 2018. Mantan pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung selama lebih dari 17 tahun itu bahkan menyebutkan bahwa peresmian JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar itu adalah kado istimewa dari Jokowi kepada masyarakat Lampung di awal 2018 ini.

“Peresmian tol ini tidak hanya menjadi 'kado istimewa' awal tahun untuk masyarakat Lampung yang akhirnya punya tol perdana. Saya sendiri merasa ini juga seperti kado untuk saya dan sejumlah rekan,” tulisnya.

Bagi mantan Wakil Ketua Bappeda Provinsi Lampung ini, JTTS sendiri seolah memiliki ikatan emosional yang begitu kuat. Seakan-akan, JTTS adalah satu dari bagian hidupnya yang tak bisa dilupakan.

(Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Trans Sumatera)

Ikatan emosional itu lantaran Siti Nurbaya sendiri pernah merasakan gegap gempita dan repotnya dalam mencoba agar mimpi Lampung punya jalan tol bisa terlaksana. Siti Nurbaya mengikuti rapat bolak-balik ke BPPT dan Jasa Marga dalam membahas pelaksanaan pembangunan jalan tol kala itu.

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pelabuhan Bakauheni-Terbanggi Besar

“Saya ingat masa-masa saat masih bertugas di Lampung. Bersama Gubernur masa itu, pembangunan tol tersebut pernah direncanakan. Saya rapat bolak-balik ke BPPT dan Jasa Marga membahasnya. Namun, karena krisis moneter, rencana itu dihentikan. Setelah hanya menjadi mimpi selama lebih satu dekade, Presiden Jokowi merealisasikannya,” tulisnya.

Sehingga, begitu dia mendengar Jokowi akan meresmikan JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Siti Nurbaya pun langsung menghubungi Gubernur Lampung yang pernah menjadi atasannya saat dia masih bertugas periode 1987-1997, Mayjen (Purn) Poedjono Pranyoto.

“Sungguh mengharukan sekali, kini mimpi itu telah diwujudkan dan telah pula diresmikan penggunaannya oleh Bapak Presiden Jokowi. Selamat untuk masyarakat Lampung dan Indonesia, kini punya tol baru di ujung pulau Sumatera,” tulisnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini