nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Jangan Percaya Mitos Gerhana Bulan Total 31 Januari

Prayudha, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 15:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 31 340 1852674 masyarakat-jangan-percaya-mitos-gerhana-bulan-total-31-januari-CJYRcAP5Fo.jpg Foto: Kron4

MAKASSAR - Masyarakat Indonesia diminta tidak mempercayai mitos-mitos seputar gerhana bulan total atau “super blue blood moon” yang akan sama-sama disaksikan di seluruh langit Indonesia, Rabu (31/1/2018) malam.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, fenomena alam langka ini sepatutnya disyukuri, bukan dihindari karena khawatir akan mitos-mitos zaman dahulu itu.

“Jangan percaya mitos-mitos zaman dulu, yang orang takut untuk melihat fenomena alam tersebut. Justru fenomena alam itu harus disyukuri, karena kita masih bisa melihat kemuliaan Allah itu,” ujar Agus Arifini melalui sambungan telepon.

(Baca Juga: Gerhana Bulan Total Terlihat di Seluruh Indonesia pada 31 Januari 2018)

Ia pun meminta masyarakat muslim agar berbondong - bondong ke masjid untuk menggelar salat gerhana bulan secara berjamaah. "Semoga tidak mendung atau hujan. Jadi kita bisa menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi tersebut," lanjutnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Makassar menyebut akan terjadi beberapa fase saat gerhana, mulai gerhana penubra pukul 18.51 Wita. Gerhana sebagian mulai pukul 19.48 Wita dan gerhana total sekitar pukul 20.07 Wita. Lalu gerhana sebagian berakhir 23.11 Wita dan gerhana penubra berakhir pukul 00.08 Wita.

"Soal perubahan cuacanya kemungkinan ada, tapi tidak dapat dipastikan saat fenomena langkah ini, apakah hujan atau lainnya," kata Esti Krisanti, Parkirawan Cuaca BMKG wilayah IV Makassar.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini