nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Sinabung Meletus, Kebun dan Rumah Warga Diselimuti Abu Vulkanis

Erie Prasetyo, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 13:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 19 340 1861418 gunung-sinabung-meletus-kebun-dan-rumah-warga-diselimuti-abu-vulkanis-ioVNEi1yfD.jpg Gunung Sinabung meletus dahsyat pada Senin (19/2/2018) pagi. (Foto: BNPB)

MEDAN – Ribuan rumah warga, perkebunan, jalan umum, serta infrastruktur lain yang berada di Kabupaten Karo, khususnya yang berada di sekitar Gunung Api Sinabung, diselimuti oleh abu vulkanis.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), lima kecamatan, yaitu Simpang Empat, Naman Teran, Payung, Tiga Nderket, dan Munthe di Kabupaten Karo paling parah terdampak abu vulkanis dampak erupsi Gunung Sinabung.

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Martin Sitepu mengatakan, akibat abu vulkanis tersebut rumah warga banyak yang terselimuti oleh abu vulkanis.

“Ya benar. Banyak infrastruktur yang terselimuti abu vulkanis. Tim kita masih berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan juga membantu warga,” kata Martin.

Dia mengimbau warga dan juga wisatawan agar jangan keluar rumah atau gedung terlebih dulu karena abu vulkanis masih tebal.

“Kita imbau masyarakat mengenakan masker saat keluar rumah. Abu juga berbahaya jika mengenai mata,” imbau Martin.

(Baca Juga: Gunung Sinabung Meletus, BPBD: Belum Ada Laporan Korban Jiwa)

Sebelumnya diberitakan, Gunung Api Sinabung mengalami erupsi dahsyat pada Senin (19/2/2018) pagi. Bahkan, kolom abu vulkanisnya menjulang tinggi mencapai 5.000 meter atau 5 km.

Petugas Pos PGA Sinabung mencatat, erupsi besar Gunung Sinabung terjadi pukul 08.53 WIB. Letusan tersebut juga menyebabkan luncuran awan panas 4.900 meter ke arah selatan tenggara dan 3.500 meter ke tenggara dan timur.

(Baca Juga: Gunung Sinabung Meletus, BPBD: Belum Ada Laporan Korban Jiwa)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini