nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemuda Diduga Stres Gelantungan di Patung Tugu Zapin Pekanbaru

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 17:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 01 340 1866596 pemuda-diduga-stres-gelantungan-di-patung-tugu-zapin-pekanbaru-uQsJeKatQg.jpg Pemuda gelantungan di Tugu Zapin. (Foto: Banda H/Okezone)

PEKANBARU - Pengendara di pertigaan Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada Pekanbaru dihebohkan dengan ulah seorang pemuda yang memanjat Tugu Zapin. Pemuda yang diduga mengalami depresi ini terlihat bergelantungan di tugu yang berada di jantung kota itu.

Pemuda itu terlihat melakukan aksi nekat dengan memanjat tugu yang merupakan ikon kota Pekanbaru. Pemuda berkaos merah dan celana jins ini menari-nari di atas tugu tanpa berpegangan. Aksi itu tentu membahayakan keselamatannya karena tugu yang cukup tinggi.

Bahkan, beberapa kali pemuda yang diperkirakan berusia 20-an tahun itu bergantungan di bagian puncak tugu yang merupakan patung lelaki Melayu. Beberapa kali dia bergelantungan di bagian tangan patung, kemudian sesekali dia turun di bagian patung wanita yang menggunakan songket Melayu sambil beraksi memberi hormat ke pengendara yang melintas.

Menurut pengendara yang melintas, aksi itu sudah dilakukan pemuda itu sejak pukul 10. 00 WIB, namun tak lama kemudian turun. Lantas dia kembali memanjat patung setinggi sekitar 8 meter yang berada di sekitar Kantor Gubernur Riau dan Polda Riau itu pukul 12.00 WIB. Namun tidak ada satu petugaspun yang mengamankan aksi itu. Padahal patung tersebut dekat dengan Kantor Polda Riau dan Dinas Sosial dan Kantor Gubernur Riau.

(Baca juga: Pelajar di Kendari Panjat Tower 42 Meter untuk Bunuh Diri)

Pukul 14.00 WIB pemuda itu kembali memanjat tugu, setelah sempat turun. Tidak berapa lama datang seorang pria yang mengaku bernama Sugianto, PNS yang bekerja di Korem 031 Wirabima. Pria itupun memanggil pemuda itu sambil mengulurkan uang Rp20 ribu dan meminta pria itu turun. Setelah dibujuk, akhirnya pria diduga stres ini mau turun dari Tugu Zapin dan Sugianto memberi uang itu kepadanya.



Tidak berapa lama datang beberapa polisi ke lokasi dan mengamankan pemuda tersebut. "Saya sudah beberapa kali jumpa anak itu, panggilannya Adi. Dia sering memanjat-manjat, tapi asal diberi uang dia mau turun. Informasi yang saya dapat dia itu stres karena gagal masuk menjadi angkatan (TNI atau Polri). Kita berharap dinas sosial mengurusnya," kata Unique seorang warga, Kamis (1/3/2018).

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini