nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fadli Zon: Gerindra Pasti Berkoalisi dengan PKS di Pemilu 2019

Bayu Septianto, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 08 337 1869740 fadli-zon-gerindra-pasti-berkoalisi-dengan-pks-di-pemilu-2019-OYYMgnfuGQ.jpg Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon (foto: Bayu/Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan, partainya sudah klop dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk berkoalisi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Namun begitu, Gerindra tetap membuka pintu untuk partai politik lainnya agar bisa menambah kekuatan di Pemilu 2019.

"Ya dengan PKS kita sudah firm, tapi kita berharap lebih banyak lagi dukungan dari partai lain supaya lebih kuat untuk menghadapi Pilpres dan Pileg," ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018).

Menurut Fadli, Gerindra sangat berharap bisa membentuk koalisi besar dengan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Prinsipnya lebih banyak lebih bagus, kan dukungan dan jaringan lebih luas, lebih beragam, tapi kita melihat realitasnya nanti," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan koalisi untuk mengusung Prabowo menjadi bakal calon presiden sudah ada. Dengan demikian syarat ambang batas 20 persen pencalonan presiden dalam UU Pemilu sudah terpenuhi.

Terpenuhinya syarat itu tak lain disebabkan karena Gerindra memiliki 73 kursi dan PKS memiliki 40 kursi di parlemen. Dengan total 113 kursi, maka Prabowo telah mengantongi 20,17 persen atau memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden.

"Untuk maju Pak Prabowo harus didukung 112 kursi atau 20 persen, Insya Allah jumlah itu sudah tercapai," kata Muzani, Rabu 7 Maret 2018 kemarin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini